MEMBERDAYAKAN ANAK MUDA DI SITUS SANGIRAN

0
897

Pagi ceria, matahari menyinari Museum Manusia Purba Klaster Krikilan dengan cerahnya laksana cerahnya masa depan anak muda di Situs Sangiran. Untuk meraih masa depan yang cerah, dihari Rabu 2 Desember 2015 diadakan pelatihan pemandu lokal yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kreatifitas masyarakat sekitar Museum Sangiran terutama bagi mereka yang berusia muda guna merajut masa depan yang cerah.

Di bukanya museum klaster di Ngebung, Bukuran, Dayu dan museum lapangan Manyarejo diharap dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar. Salah satu pemanfaatannya ialah dengan munculnya pemandu lokal yang berguna memandu pengunjung yang mulai memadati museum terutama di hari libur, demikian yang diungkap Kepala BPSMP Sangiran Sukronedi, S.Si, M.A. dalam sambutannya. Selanjutnya diingatkan bahwa masyarakat di Situs Sangiran memiliki potensi terutama potensi dalam diri generasi mudanya sehingga panitia pelatihan mengundang peserta yang usianya masih muda dan memiliki kreatifitas yang tinggi.

generasimudasangiran00001

Dihari pertama ini, diisi oleh narasumber dari Himpunan Pramuwisata Indonesia cabang Yogyakarta, Imam Prasojo. Narasumber di hari pertama ini memberikan materi tentang teknik pemanduan yang kemudian dilanjutkan dengan praktek yang mengambil tempat di Display 1 Museum Manusia Purba Klaster Krikilan.

Materi teori dikelas kemudian di praktekkan langsung sehingga peserta menjadi tidak bosan dan mampu memahami materi. Dikelas narasumber memberikan materi menarik tentang bagaimana pemanduan yang baik, bahasa yang digunakan, pembawaan pemandu, komunikasi yang digunakan dan berbagai teknik pemanduan lainnya. Dalam materi ini, narasumber mengajak peserta untuk tampil dan mempraktekkannya di kelas. Selain itu untuk membangun team building, menghidupkan suasana sekaligus mengakrabkan peserta dilakukan permainan.

generasimudasangiran00002 generasimudasangiran00003

Setelah selesai dengan materi teori dikelas kemudian praktek dilakukan di Display 1 Museum Manusia Purba Klaster Krikilan. Peserta sebelum latihan memandu diberi briefing tentang apa yang perlu dilakukan dan pengetahuan apa yang perlu diserap. Peserta diminta berkeliling display 1 untuk menyerap pengetahuan tentang materi display 1 sehingga dapat memandu wisatawan. (wiwit hermanto)

generasimudasangiran00004 generasimudasangiran00005