Masyarakat Ikut Melestarikan Fosil di Situs Sangiran

0
836
Pembukaan imbalan jasa penemu fosil oleh Camat Kalijambe

Pada Selasa, 05 Juni 2018 BPSMP Sangiran melalui Seksi Pelindungan mengadakan kegiatan pemberian imbalan untuk penemu fosil. Pemberian imbalan merupakan sebuah bentuk penghargaan terhadap masyarakat yang sudah peduli untuk ikut melestarikan Situs Sangiran dengan memberikan temuannya ke BPSMP Sangiran selaku pengelola Situs Sangiran.
Pada kesempatan ini terdapat 71 penemu fosil yang mendapatkan penghargaan serta imbalan atas partisipasinya dalam penemuan fosil. Berbagai fosil jenis binatang ditemukan penduduk. Masyarakat diajak untuk lebih mengenal dan mencintai Cagar Budaya. Penemu fosil diberikan sosialisasi penanganan temuan melalui pemutaran video penyelamatan temuan.
Kegiatan ini dibuka oleh Camat Kalijambe kemudian pemberian pengarahan oleh Kasi Pelindungan Dody Wiranto S.S., M. Hum. Pemerintah daerah mengajak masyarakat untuk ikut peduli situs karena manfaat positifnya, masyarakat lebih berkembang dan banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewariskan kekayaan luar biasa Sangiran kepada generasi penerus.

Pembukaan imbalan jasa penemu fosil oleh Camat Kalijambe
Survey indeks kepuasan pelayanan BPSMP Sangiran oleh Seksi Pelindungan

Terdapat satu hal yang menarik dalam kegiatan ini, penemu fosil diajak menyelami kegiatan imbalan ini dengan ikut mengisi koesioner yang akan menampung aspirasi mereka. Dari koesioner tersebut dapat diketahui pendapat mereka tentang program imbalan. Survey indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BPSMP Sangiran bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja serta pelayanan yang sudah dirasakan. Survey meliputi pelayanan komunikasi dan informasi, pelayanan penanganan konservasi dan pelayanan pasca konservasi.
Respon positif didapat dari kegiatan ini. Sebagian respon ialah penemu meminta untuk penanganan temuan setelah ada laporan dari penduduk agar bisa dipercepat. Tetapi secara umum masyarakat mendukung kegiatan BPSMP Sangiran, dan pelibatan mereka untuk bersama-sama melestarikan situs sangat membantu kerja pemerintah. (Duwiningsih)