Manusia Purba Sangiran Dipamerkan di Pameran Bersama Museum R A. Kartini, Rembang

0
689

Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pameran bersama yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang (Kamis,24/10). Bertempat di Pendopo Museum RA. Kartini Rembang, pameran mengusung konsep pameran bersama beberapa museum se-Pakujembara, Regional Jawa Tengah hingga Nasional dan pameran seni rupa se-Kabupaten Rembang.

Pameran yang diselenggarakan selama tiga hari dengan diikuti sedikitnya sepuluh peserta museum, setiap peserta menampilkan koleksi unggulan dengan tema “Museum menyatukan keberagaman”.

BPSMP Sangiran pada pameran ini mengangkat tema evolusi lingkungan hingga kedatangan manusia purba di Sangiran. Dipamerkan koleksi utama seperti fosil fauna, replika manusia purba, dan rekonstruksi manusia purba. Selain itu terdapat sejumlah publikasi yang sebagai sarana informasi serta suvenir untuk bagikan kepada pengunjung.

Pembukaan pameran bersama ini di hadiri oleh Bupati Kabupaten Rembang, Abdul Hafidz. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu media untuk melestarikan dan mempromosikan Museum RA Kartini sebagai sarana edukasi dan rekreasi masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga dalam rangka memperingati hari museum dan hari sumpah pemuda.

“Bidang seni dan museum kalau kita dalami akan memiliki manfaat untuk menjalani kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Mudah mudahan dengan pameran ini dapat membuka cakrawala generasi muda akan keragaman dan kebesaran bangsa.” (Ath)