MAN 3 Kulon Progo Belajar Kisah Manusia Purba di Sangiran

2
325

Hari Rabu tanggal 6 Maret 2019 BPSMP Sangiran kedatangan rombongan guru dan siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kulon Progo. Kedatangan rombongan yang terdiri dari 89 siswa dan 22 guru pendamping ini dalam rangka program pembelajaran luar sekolah jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rombongan ini disambut oleh BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan dengan memberikan layanan edukasi berupa paparan materi tentang Sangiran, pemutaran film, pembagian buku, dan pemanduan.
Menurut Kepala MAN 3 Kulon Progo, Drs. H. Soir, M.Si, kunjungan ke Sangiran bertujuan untuk mengenal dan belajar tentang Manusia Purba Sangiran, di mana pengetahuan tentang Sangiran dan manusia purba juga dijumpai dalam buku pelajaran. Selain itu diharapkan dengan kunjungan ke Sangiran, dapat menambah sisi religius dan pengetahuan mereka melalui bukti-bukti tinggalan masa lalu yang dapat dilihat sampai sekarang seperti fosil, alat-alat manusia purba, serta lapisan tanah purba.


Sesuai dengan tujuan kedatangan MAN 3 Kulon Progo, rombongan diberikan paparan materi tentang Sangiran. Paparan ini menyajikan materi tentang kehidupan masa lalu di Sangiran serta bukti-bukti temuan fosil dan artefak yang hingga kini masih terus ditemukan dan tersimpan di Museum. Kegiatan lain yang dilakukan adalah pemutaran film berjudul Sangiran Untuk Dunia guna menambah wawasan prasejarah guru dan siswa MAN 3 Kulon Progo. Setelah melalui penyampaian materi tersebut, rombongan diajak menyaksikan bukti-bukti kehidupan masa lalu di Sangiran yang disajikan di ruang-ruang pamer Museum Klaster Krikilan. (MJ)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR