LEGU GAM RESMI DIBUKA

0
885

Festival Legu Gam 2016 resmi dibuka tadi malam (Rabu 1 Maret 2016) oleh H. Abdullah Tahir, SH Ketua Panitia Festival Legu Gam 2016. Dalam sambutannya Tahir mengungkapkan latar belakang diadakannya Festival Legu Gam. Diawali dengan pemikiran tentang pengembangan budaya di Ternate yang perlu digalakkan dengan melibatkan berbagai pihak yang mampu membuat masyarakat Ternate mendapat manfaat.

Selanjutnya Tahir mengungkapkan bahwa Legu Gam yang diawali dengan hanya seperti pasar tradisional saat ini berubah menjadi ajang promosi wisata dan budaya yang mampu memberi manfaat bagi masyarakat. Pelaksanaan Legu Gam tahun ini diajukan pelaksaannya pada bulan maret bersamaan dengan momentum Gerhana Matahari Total (GMT) yang dapat disaksikan di Ternate. Jadi wisatawan dapat menyaksikan festival Legu Gam yang merupakan pesta rakyat sekaligus menyaksikan GMT di Ternate. Ini merupakan promosi bagi pariwisata Ternate dan juga ajang pengenalan kebudayaan berbagai daerah yang berperanserta di Festival Legu Gam tahun ini.

Festival Legu Gam sejak beberapa tahun ini sudah menjadi ajang pengenalan kebudayaan dari berbagai daerah. Banyak hasil budaya berbagai daerah yang dipamerkan sehingga meningkatkan pemahaman masyarakat akan budaya. Dengan memahami kebudayaan masyarakat diharap dapat berperanserta melestarikannya.

Dalam Legu Gam tahun ini BPSMP Sangiran mengirim materi pameran beserta pemandu. Setelah Festival Resmi dibuka, stan BPSMP Sangiran ramai diserbu pengunjung yang haus akan informasi yang disajikan dalam bentuk koleksi pameran maupun dari tulisan yang terdapat diposter dan leaflet.

festival_legu_gam00001

Pengunjung berebut bertanya kepada pemandu untuk mengetahui berbagai informasi yang disajikan dalam pameran. Pengunjung pameran yang berkunjung ke stan BPSMP Sangiran dari berbagai lapisan masyarakat, berbeda dalam usia, pendidikan serta pekerjaan. Pengunjung dengan membawa keluarga juga banyak mengunjungi stan BPSMP Sangiran yang juga banyak bertanya berbagai informasi tentang koleksi yang dipamerkan.

festival_legu_gam00002  festival_legu_gam00003

Bagi yang berada di Ternate bisa merapat di lokasi pameran di Lapangan Salero Ternate. Stan BPSMP Sangiran menyediakan hadiah menarik bagi pengunjung berupa pin serta buku-buku tentang Sangiran yang tidak mungkin didapat di toko-toko buku. Jadi silahkan merapat ke Festival Legu Gam di lapangan Salero kemudian mari kunjungi Stan BPSMP Sangiran yang menjanjikan hadiah menarik bagi pengunjung. (Wiwit Hermanto)