Kunjungan Kerja Demi Kemajuan Pengelolaan Museum

0
568

Jumat 24 November 2017, BPSMP Sangiran kedatangan rombongan tamu dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal beserta beberapa anggota DPRD Komisi IV yang membidangi Kebudayaan. Kunjungan ini merupakan bagian dari rencana untuk menimba ilmu dalam pengelolaan museum.

Dalam sambutannya Retno Suprobowati, S.H., M.M, M.Kn. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal mengungkapkan bahwa Kabupaten Tegal sedang dalam tahap membangun Museum Semedo yang saat ini sedang dilakukan pembangunannya oleh Pemerintah Pusat melalu Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman. “Kedatangan kami bersama DPRD Kabupaten Tegal Komisi IV yang membidangi Kebudayaan ke Sangiran adalah guna menimba ilmu tentang pengelolaan museum. Ke depan kami dihadapkan dengan berbagai tantangan pasca selesainya pembangunan Museum Semedo, kami ingin mendapat pengetahuan tentang berbagai cara mengelola museum guna dasar mengelola Museum Semedo,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Sukronedi, S.Si, M.A. selaku Kepala BPSMP Sangiran menyambut hangat dan bahagia bisa berbagi pengetahuan tentang pengelolaan museum. “Museum Sangiran merupakan museum minat khusus dimana dibutuhkan bukan hanya dana untuk menjalankannya tetapi juga tak kalah pentingnya adalah SDM yang mumpuni. Pengelolaan museum merupakan suatu hal yang berat, memerlukan SDM dari berbagai disiplin ilmu, apalagi kami bukan hanya mengelola museum saja tetapi juga Situs Sangiran dan berbagai situs manusia purba di Indonesia. Membangun museum harus diikuti dengan menata SDM serta meningkatkan kemampuannya, selain itu untuk mendapat dukungan masyarakat sekitar kami merekrut mereka sebagai karyawan disini”, ungkapnya.

Memajukan museum melalui pengelolaan yang tepat dan terarah dengan meningkatkan kemampuan SDM menjadi sebuah tantangan yang terus dan wajib dijawab demi kemajuan. Semua merupakan bagian dari sebuah amanah memajukan kebudayaan yang seiring sejalan dengan pendidikan masyarakat. (Wiwit Hermanto)