Koordinasi Sebagai Awal Meraih Mimpi dan Cita-cita

0
33

Upaya untuk penanaman nilai dan pemahaman akan pentingnya Situs Sangiran pada publik terutama bagi generasi muda, BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan mengagendakan kegiatan Pameran Purbakala Situs Sangiran di Kabupaten Tulungagung. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi upaya pelestarian Situs Sangiran pada publik.
Untuk melaksanakan kegiatan ini, dilakukan koordinasi dengan pihak Kabupaten Tulungagung dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Temanggung. Koordinasi ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjalin kerjasama dalam rangka menyukseskan kegiatan ini.
“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Temanggung kami minta bantuannya untuk mempublikasikan pameran yang akan kami helat di sini. Semoga dengan cara ini pameran dapat sukses memberi informasi dan pengetahuan”, jelas Iwan Setiawan Bimas,S.S. selaku Kasi Pemanfaatan.
Dalam koordinasi di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Temanggung pada hari Senin, 10 Februari 2020, dibicarakan berbagai hal terkait dengan rencana pameran ini. Beberapa hal yang digarisbawahi adalah tentang pelaksanaan pameran yang bersifat terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Masyarakat diharapkan mengunjungi pameran guna menambah informasi dan wawasan tentang kehidupan masa lalu.
Terkait tema besar yang diusung, “Untuk memberikan informasi dan pengetahuan, kami siap memamerkan koleksi kami yang dapat memudahkan pengunjung memahami tentang Situs Sangiran”, jelas Iwan.
Yang menjadi sasaran utama kegiatan ini adalah anak sekolah sebagai generasi yang akan datang, generasi penerus kehidupan bangsa. Melalui pemberian informasi dan pengetahuan bagi generasi muda, diharapkan dapat memberi pengayaan pengetahuan dan wawasan tentang sejarah kehidupan masa lalu khususnya tentang manusia purba baik di Situs Sangiran.
Mereka tidak hanya belajar melalui buku teks saja tetapi dapat menyaksikan langsung koleksi yang dipamerkan. Melalui saran pendukung berupa buku dan berbagai koleksi pendukung lainnya, diyakini akan membawa kebaikan dalam upaya menyebarluaskan informasi. Informasi tentang kebesaran kebudayaan masa lalu yang pernah ada di Sangiran. Sebuah kebanggaan bagi anak bangsa.
Melalui koordinasi ini, sebuah kunci awal untuk meraih mimpi dan cita-cita besar memajukan kebudayaan. Sebuah kebudayaan titipan dari anak cucu kita yang wajib dijaga dan dilestarikan. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR