Koordinasi Pemutaran Bioling di Mlandingan

0
147

Penyampaian informasi tentang Sangiran melalui film merupakan salah satu upaya BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan yang bertujuan memberikan informasi bagi masyarakat. Informasi melalui film salah satunya dilakukan dengan pemutaran Bioskop Keliling (Bioling) yang rutin dilaksanakan.
Sasaran bioling berikutnya direncanakan menyasar masyarakat Dusun Mlandingan, Desa Ngebung, Kabupaten Sragen yang merupakan salah satu Desa yang masuk dalam Situs Sangiran. Dengan mempertimbangkan berbagai hal, dipilihnya Mlandingan sudah melalui berbagai pertimbangan.


Dusun ini berlokasi di tengah Situs Sangiran tapi penduduknya masih memiliki informasi yang sedikit tentang Sangiran. Selain itu, masyarakat memerlukan informasi tentang apa yang dapat mereka lakukan dalam mendukung upaya pelestarian Situs Sangiran. Dusun ini memiliki akses jalan yang kurang baik karena tanah yang labil sehingga masyarakat lebih banyak beraktivitas di sekitar, jika ada masyarakat beraktivitas di luar, mereka itu orang yang bekerja di luar kota bahkan luar propinsi. Selain hal tersebut, masyarakat memerlukan hiburan yang informatif sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan mereka.
“Masyarakat di sini masih minim informasi tentang Sangiran padahal mereka hidup di tengah Situs Sangiran. Hal tersebut terjadi karena masyarakat belum mendapat banyak informasi, akses jalan disini kurang memadai, banyak masyarakat yang bekerja di luar kota bahkan ada yang bekerja di luar provinsi untuk mencari penghidupan”, jelas Paidin yang merupakan salah satu tokoh masyarakat di Dusun Mlandingan.
Dengan latar belakang tersebut, tim Bioling berkoordinasi dengan tokoh masyarakat Dusun Mlandingan guna merencanakan pemutaran bioling serta membicarakan teknis penyebaran informasi jika Bioling jadi diputar di Mlandingan. Dalam koordinasi, disepakati calon lokasi pemutaran bioling di tengah pemukiman masyarakat, mudah diakses, disepakati oleh masyarakat sekitar, menanggapi respon masyarakat sekitar, dan perencanaan waktu pemutaran Bioling.
“Masyarakat di sini mengharapkan informasi, saya yakin dengan pemutaran Bioling di sini akan menambah informasi bagi masyarakat. Untuk penyebaran informasi pemutaran bioling saya akan sampaikan pada tokoh masyarakat maupun melalui pak RT sekitar sehingga masyarakat berbodong-bondong menyaksikan”, janji Paidin.
Informasi melalui film yang diputar melalui bioling merupakan film singkat tentang Sangiran yang menarik dan mudah dipahami. Hal ini selaras dengan kebutuhan masyarakat Mlandingan yang haus informasi. Melalui bioling, diharap membawa tambahan informasi, wawasan, dan kebahagian bagi masyarakat Mlandingan dan sekitarnya. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR