KLASTER KRIKILAN

0
828

Klaster Krikilan merupakan visitor center yang memberikan informasi secara lengkap tentang Situs Sangiran. Klaster ini telah selesai dibangun dan kemudian diresmikan pada tahun 2011 oleh Menteri Kebudayaan. Sajian pameran di Klaster Krikilan dibagi menjadi 3 ruang, yaitu ruang pamer “Kekayaan Sangiran”, ruang pamer “Langkah-langkah Kemanusiaan”, dan ruang diorama “Masa Keemasan Homo erectus”.

“Kekayaan Sangiran” menampilkan informasi mengenai temuan-temuan fosil terbaik dari Sangiran, baik dari fauna dan manusia, serta hasil-hasil budaya manusia di Situs Sangiran. Selain itu, di runag pamer ini ditampilkan diorama-diorama yang menarik dan alat peraga interaktif sebagai pendukung informasi kepada pengunjung.

Di ruang “Langkah-langkah Kemanusiaan”, disajikan informasi tentang awal pembentukan tata surya menurut Teori Big Bang dalam bentuk film pendek, dan perkembangan bumi dari awal hingga penghunian kepulauan nusantara. Ruang animasi ini didukung dengan koleksi fosil dari sangiran, artefak, patung-patung, duplikat temuan, audio visual, dan dioarama untuk menjelaskan informasi kepada pengunjung.

Ruang pamer “Masa Keemasan Homo erectus 500.000 tahun yang lalu” merupakan ruang diorama berukuran besar yang menggambarkan kehidupan Homo erectus, lingkungan, dan kehidupan binatang-binatangnya. Selain itu, dihadirkan manekin rekonstruksi temuan tengkorak S17 dari Sangiran dan manusia Leang Bua dari Flores.

BAGIKAN
Artikulli paraprakDI 2 KABUPATEN
Artikulli tjetërKLASTER DAYU

TINGGALKAN KOMENTAR