KLASTER BUKURAN (2)

0
687

Museum pendukung Klaster Bukuran ini adalah bentuk apresiasi terhadap para peneliti dari berbagai disiplin ilmu dan warga masyarakat yang telah melakukan pekerjaan besar melakukan penelitian dan menghasilkan berbagai penemuan penting untuk Situs Sangiran. Hubungan harmonis ini terus berlangsung dari penggalian ke penggalian dan generasi ke generasi hingga saat ini. Warga sekitar terbuka menerima para peneliti, bahkan warga sekitar menjadi tumpuan dalam setiap ekskavasi dan survei yang dilakukan peneliti.

Display Museum Manyarejo menyajikan kenangan penelitian yang pernah dilakukan di daerah ini, legenda yang menjadi mitos masyarakat tentang Sangiran dan temuan-temuannya, berbagai koleksi memorabilia yang dimiliki peneliti dan masyarakat sekitar. Semuanya dikemas dengan nuansa rumah tradisional Sangiran dan didukung dengan teknologi informasi yang memungkinkan pengunjung memperoleh informasi secara  interaktif Pada bagian awal disajikan sejarah penelitian yang pernah dilakukan di Manyarejo, berikut tokoh-tokohnya. Di bagian lain digambarkan kehidupan masyarakat desa yang disajikan dengan display beberapa alat-alat yang biasa mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, institusi lain pernah secara intensif melakukan kegiatan di Manyarejo, yaitu Pusat arkeologi Nasional. Kegiatan Pusat Arkeologi Nasional ini secara khusus disajikan tersendiri berikut koleksi temuan-temuannya.

Display kotak ekskavasi dibuat untuk memberi gambaran kepada pengunjung tentang kegiatan penggalai di Manyarejo.

BAGIKAN
Artikulli paraprakKLASTER BUKURAN (1)
Artikulli tjetërKLASTER NGEBUNG

TINGGALKAN KOMENTAR