Kerjasama Tim Guna Mendapat Data yang Valid

0
191

Data merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan berbagai kegiatan. Dengan data yang lengkap dan valid, mampu sebagai dasar untuk membuat kebijakan serta keputusan di masa yang akan datang.
Menyikapi hal tersebut, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran melaksanakan kegiatan Pendampingan, Pendataan dan Konservasi di Museum Semedo. Kegiatan ini berlangsung selama 7 hari, pada tanggal 13-19 Oktober 2021 dengan tim berjumlah 6 orang dengan berbagai keahlian. Guna mencapai tujuan, tim beranggotakan orang dengan tugas untuk melakukan pendataan dan konservasi serta melakukan pendampingan bagi transfer ilmu untuk pegawai Museum Semedo. Transfer ilmu ini diharapkan mampu sebagai sebuah ajang untuk membagi pengetahuan dalam melaksanakan konservasi sehingga diharap mereka mampu melaksanakan konservasi sederhana. Selain itu diharap, tim mendapat berbagai informasi terkait kondisi yang ada di Museum Semedo.
Dalam upaya melakukan pendataan koleksi, tim mendata berbagai informasi tentang koleksi fosil yang dikonservasi. Tim melengkapi data yang telah ada agar lebih lengkap dan memasukkannya dalam database agar dapat menjadi data sebagai dasar kegiatan selanjutnya.
Data-data koleksi fosil yang dikonservasi diverifikasi agar menjadi data yang valid, dilakukan berbagai kroscek dengan data sebelumnya maupun informasi dari pegawai Museum Semedo. Selain itu dengan melakukan proses studi pustaka guna melengkapi data yang telah ada.
Setelah data-data terkumpul kemudian dimasukkan dalam database dan secara terus menerus divalidasi agar data yang ada menjadi data yang valid. Perlu komunikasi dalam tim yang harmonis, dengan pembagian tugas sesuai dengan keahliannya. Terdapat anggota tim yang melakukan tugas konservasi, melengkapi data, dokumentasi koleksi, dan memasukkan data dalam database.
Pembagian tugas ini perlu dilakukan agar setiap anggota tim memiliki tugas dan tanggungjawab masing-masing. Setiap anggota tim melakukan tugas dan tanggungjawabnya serta selalu saling mengingatkan karena secara keseluruhan, pekerjaan ini merupakan pekerjaan tim yang membutuhkan kerjasama anggotanya.
Kerjasama memerlukan kesamaan persepsi oleh setiap anggota tim guna mendapatkan data yang valid dan hasil yang maksimal. Dari data yang dihasilkan diharap mampu sebagai dasar kegiatan selanjutnya selain bisa menjadi sebuah awal dari keberhasilan melestarikan koleksi yang dimiliki Museum Semedo. (Wiwit Hermanto)