Kerjasama Guna Melestarikan dan Meningkatkan Nilai Koleksi di Museum Situs Purbakala Patiayam

0
218

Museum merupakan sebuah tempat yang kaya akan informasi kisah masa lalu yang dapat dimanfaatkan sebagai wahana edukasi sekaligus wisata. Guna meningkatkan pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan Museum Situs Purbakala Patiayam, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus bekerjasama dengan Balai Pelestarian Manusia Purba (BPSMP) Sangiran yang tahun 2023 ini melebur ke dalam Satuan Kerja Museum dan Cagar Budaya yang pusatnya di Jakarta. Kerjasama ini dengan melaksanakan kegiatan untuk menjamin kelestarian koleksi sekaligus meningkatkan nilai koleksi yang dimiliki Museum Situs Purbakala Patiayam.

Kegiatan tersebut berupa Konservasi Koleksi, Inventarisasiasi Koleksi, dan Kajian Koleksi yang dimiliki Museum Situs Purbakala Patiayam. Konservasi Koleksi dilaksanakan selama 4 hari, tanggal 15 hingga 18 Mei 2023. Konservasi Koleksi bertujuan untuk melindungi koleksi dari kerapuhan, menjaga agar koleksi dapat bertahan lama serta mampu menjadi koleksi yang baik saat di pamerkan maupun dapat terjaga kondisinya saat diletakkan di gudang.

Kegiatan Inventarisasiasi Koleksi dilaksanakan selama 4 hari, tanggal 17 hingga 20 Mei 2023. Inventarisasiasi Koleksi merupakan sebuah kegiatan yang mencatat data koleksi, memberikan penomoran, dan secara administrasi memasukkan dalam inventarisasiasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan identitas awal pada setiap koleksi museum dan untuk memudahkan pengelolaan koleksi museum yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Kegiatan Kajian Koleksi dilaksanakan selama 4 hari, tanggal 17 hingga 20 Mei 2023. Kajian Koleksi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan informasi koleksi bagi masyarakat. Informasi koleksi menjadi sarana untuk komunikasi dengan masyarakat melalui peningkatan kualitas informasi dalam pembuatan label, grafis, penataan ruang yang baik agar masyarakat lebih mudah memahami informasinya. Produk ini memerlukan proses ilmiah yang panjang dengan metode-metode tertentu.

Ketiga kegiatan tersebut diharapkan mampu untuk memberikan berbagai informasi yang dimiliki koleksi yang dimiliki Museum Situs Purbakala Patiayam kepada publik. Disadari bahwa publik memiliki hak untuk mendapatkan informasi berharga terhadap koleksi yang dipamerkan. Selain itu, ketiga kegiatan ini diharap mampu memberikan pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan koleksi secara terpadu.

Keterpaduan dalam pelindungan, pengembangan dan pemanfaatan koleksi akan memaksimalkan keberlanjutan dari koleksi museum. Ini menjadi muara dari pengelolaan museum bagi penyampaian informasi bagi masyarakat. (Wiwit Hermanto)