Katalog Homo erectus Sangiran (Sangiran 18a)

0
368

Kode

Sangiran 18a

Kode lain

S18a

Temuan

Pecahan calotte

Tahun

28 Oktober 1970

Lokasi Temuan

Penemu

Lokasi penyimpanan

Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Deskripsi

Secara umum jenis temuan S18a merupakan bagian dari fragmen callote. Jumlah keseluruhannya yaitu 10 fragmen yang terdiri dari:

  1. S18a-1 adalah mid frontal with glabella with crista galli (frontal bagian tengah dengan glabella dan crsita galli); b. S18a-2 adalah frontal kanan dengan garis temporal); c. S18a-3 adalah left frontal process of zygomatic (proses frontal kiri zygomatic) d. S18a-4 adalah zygomatic kiri (orbit bawah); e. S18a-5 adalah fragmen temporal di dekat akar zygomatic; f. S18a-6 adalah fragmen parietal kanan dan kiri di di bregm; g. S18a-7 adalah kanan (?) parietal pada squama temporalis; h. S18a-8 adalah right parietal posleuor/l corner fused sagital suture dan rpar (parietal kanan pelietrik/ sagital suture menyatu; i. S18a-9 adalah fragmen occipital kiri; j. S18a-10 adalah fragmen dasar occipital

Lokasi temuannya berada di Kricikan Timur. Berdasarkan label temuan koleksi, hominid tersebut ditemukan pada permukaan Formasi Kabuh.

Sangiran 18a

(Pipit Meilinda, Pipit Puji Lestari, Wiwit Hermanto, Metta Adityas Permata Sari, Muhammad Mujibur Rohman, Ike Wahyuningsih, Puja Aprianto)