Kajian Potensi Cagar Budaya Situs Medalem Di Kabupaten Blora Tahun 2018

0
437
Proses pembuatan layout kotak uji di Dusun Medalem

Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo merupakan salah satu areal yang memiliki peran penting dalam menyajikan data terkait evolusi Homo erectus di Jawa. Banyak situs-situs paleontologi dan arkeologi ditemukan di sepanjang DAS tersebut. Salah satu situs yang berada di sepanjang DAS Bengawan Solo yang menjadi fokus kajian Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMP Sangiran) tahun ini adalah Situs Medalem.

Geolog BPSMP Sangiran melakukan pengamatan terhadap singkapan di lokasi bekas tambang pasir

Medalem merupakan sebuah desa yang terletak di wilayah Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Desa ini terletak tepat di sebelah utara Bengawan Solo, pada ketinggian 43.55 meter di atas muka laut. Wilayah desa khususnya bagian pinggiran sungai termasuk situs penting dalam penelusuran manusia purba. Hal ini dikarenakan pada permukaan tanahnya (mulai dari tepi hingga sekitar 300 meter dari sungai) sering dijumpai fosil-fosil hewan purba. Penelitian yang dimulai dari tahun 1978 hingga saat ini setidaknya menunjukkan besarnya potensi akan tinggalan paleontologi di situs ini meskipun keberadaan manusia dan budaya pendukungnya belum ditemukan hingga saat ini.

Berlangsung selama 12 hari, dari tanggal 10 hingga 21 April, kajian ini mencoba untuk meningkatkan pengetahuan yang terdapat pada Situs Medalem meliputi sebaran lateral dan vertikal temuan, kondisi sedimentasi situs dan fosil-fosil hewan yang dikandungnya, serta berupaya mencari manusia dan budaya pendukungnya yang hidup Kala Pleistosen. Bentuk kegiatan pengumpulan data dalam kajian kali ini berupa survei dan ekskavasi dengan membuka dua kotak uji di Dusun Medalem dan Dusun Sunggun. Pengumpulan data sendiri melibatkan anggota tim dengan berbagai bidang keilmuan, antara lain arkeologi, geologi, biologi, dokumentasi dan tenaga teknis. (Tim Kajian)

TINGGALKAN KOMENTAR