JAS MERAH-JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH BAGIAN I (MUSEUM MANUSIA PURBA SANGIRAN KLASTER NGEBUNG)

0
6450

Sebuah kalimat mutiara dari Soekarno Bapak Proklamator sekaligus Presiden RI I yang terus terngiang hingga saat ini, JAS MERAH Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Sebuah sejarah guna mengingat masa lalu sebagai pembelajaran bagi masa depan. Kalimat mutiara itu sepertinya menjadi sebuah narasi bagi keberadaan Museum Manusia Purba Klaster Ngebung. Museum yang mengetengahkan sejarah penemuan budaya manusia purba di Bukit Ngebung oleh von Koenigswald serta para pahlawan yang membuat Situs Sangiran dikenal dunia sejak tahun 1930-an.

Sejak awal dikenal dunia, Situs Sangiran menjanjikan sebuah penguakan misteri bagi pengetahuan. Sebuah cerita panjang sejak penemuan Situs Sangiran hingga dikenal dunia dihadirkan di museum ini. Situs Sangiran yang terus mengalami perkembangan dan kemajuan diberbagai bidang sehingga menarik minat para peneliti singgah untuk meneliti berbagai hal di situs ini.

Situs Sangiran mengalami perkembangan dan kemajuan di segala bidang dari waktu ke waktu. Salah satu perkembangan dan kemajuan yang dicapai dengan berdirinya Museum Manusia Purba Sangiran tidak hanya di Krikilan saja tetapi juga dikembangkan di Dayu, Ngebung, Bukuran dan Manyarejo. Pengembangan ini diikuti dengan penggunakan teknologi, tidak hanya memamerkan koleksi fosil semata. Pengembangan seiring sejalan dengan perkembangan teknologi sehingga dapat mengikuti kemajuan yang ada disekitar dan diharap mampu mengikuti keinginan dan kemauan pengunjung dalam mendapat informasi dan pengetahuan.

Perkembangan dan kemajuan ini sama sekali tidak melupakan sejarah Situs Sangiran di masa lalu. Untuk mengingat jasa-jasa orang-orang yang telah mendedikasikan hidupnya untuk memperkenalkan Situs Sangiran pada dunia serta mengingat sebuah sejarah temuan budaya manusia purba, dibangunlah Museum Manusia Purba Klaster Ngebung. Di museum ini pengunjung mendapat pengetahuan tentang sejarah Situs Sangiran dengan mereka yang telah memberi banyak pengorbanan bagi pengenalan Situs Sangiran pada dunia. Museum Manusia Purba Klaster Ngebung memberi informasi pada pengunjung tentang sejarah penemuan budaya manusia purba yang ada di Situs Sangiran dengan balutan teknologi.

ngebung-i

Keberadaan museum ini merupakan bukti nyata penghormatan pada sejarah serta dedikasi mereka yang telah banyak memberi pengorbanan bagi Situs Sangiran di masa lalu. Sejarah penemuan budaya manusia purba menjadi sisi lain di museum ini. Mari kita camkan kembali pesan Bung Karno Proklamator sekaligus Presiden I RI, suatu yang indah saat sejarah masa lalu dapat menjadikan generasi penerus menjadi bangga dan cinta terhadap budaya tanah airnya sendiri. (Wiwit Hermanto)