Jaga Kelestarian Lingkungan, Kemendikbudristek Selenggarakan SangiRUN Night Trail 2022

0
84

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sragen, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Komunitas Luar Kotak serta stakeholder terkait menggelar acara SangiRUN Night Trail untuk kedua kalinya. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah Situs Manusia Purba Sangiran, Jawa Tengah pada tanggal 17 September 2022.

SangiRUN Night Trail pertama kali diselenggarakan pada tahun 2021 sebagai upaya pengembangan dan pemanfaatan Situs Manusia Purba Sangiran yang telah diakui oleh UNESCO pada tahun 1996 dengan nama “The Sangiran Early Man Site” sekaligus menghidupkan kembali olahraga lari yang selama masa pandemi tidak dapat dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan lomba lari dengan penuh tantangan di malam hari melewati bukit, hutan, dan sawah. Tahun ini, SangiRUN Night Trail mengangkat tema Survive and Sparkling, yang bertahan dan bangkit dari pandemi.

Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, Muhammad Adlin Sila memberikan apresasi atas terselenggaranya kegiatan SangiRUN. “Saya harap teman-teman Unit Pelaksana Teknis (UPT) lain ikut menyelenggarakan acara seperti ini dengan mengolaborasikan situs dengan olahraga,” ujarnya dalam sambutan.

Ia menyampaikan bahwa SangiRUN ini menjadi ikon tersendiri sebagai pembeda dengan acara lainnya. “Semua event harus memiliki ikon yang bisa menjadi sesuatu untuk diingat sampai nanti,” katanya.

Acara SangiRUN Night Trail 2022 diharapkan dapat menjadi langkah awal terciptanya ekosistem kolaborasi dan pengelolaan yang bagus antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang nantinya akan berdampak bagi masyarakat di sekitar Sangiran sendiri.

“Semoga kerja sama antara pemerintah pusat dengan daerah tetap terlaksana dengan baik. Kami siap untuk bekerja sama dengan syaratnya yang tentu adalah pemerintah daerahnya harus ikut support,” ucap Restu Gunawan, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan.

Restu juga mengajak masyarakat untuk mengembangkan situs Sangiran. “Kita punya situs yang sangat penting. Yuk, kita sama-sama kembangkan dan perbaiki!,” ajaknya.

Pelaksanaan lomba ini dibagi menjadi dua kategori, yakni lari sejauh 25 km dan lari bersama kawan atau keluarga sejauh 4 km. Para peserta yang terdiri dari pelari elit (invitation) dan pelari umum akan sama-sama melakukan start di pelataran museum Krikilan dan finish di tempat yang sama. SangiRUN Night Trail 2022 juga dimeriahkan oleh Pameran Prasejarah, Lokakarya Komunitas, Lokakarya Seni Kriya, Lokakarya UMKM dan juga Sangiran Fair.

Seluruh informasi terkait kegiatan SangiRUN Night Trail dapat diakses melalui laman www.sangirun.com dan instagram @sangirun.official.

Daftar Pemenang SangiRUN Night Trail 2022

Master Male
Juara 1 – Osias Kamlasi
Juara 2 – Budi Irawan
Juara 3 – Bayu Aditia

Master Female
Juara 1 – Endah Purwatiningtyas
Juara 2 – Nurul Wulandari
Juara 3 – Ingrid Gloria

Open Male
Juara 1 – Nurshodiq
Juara 2 – Wartono
Juara 3 – Risqi Dwi K.

Open Female
Juara 1 – Risa Wijayanti
Juara 2 – Waliyanti
Juara 3 – Elmi Rahmiyati

Sumber: kemdikbud.go.id