International Gamelan Festival Sebagai Upaya Eksistensi Seni Tradisi

0
607
Karawitan dari manca memeriahkan pembukaan festival gamelan doc M.Hidayat

Kegiatan Indonesiana yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemenenterian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satunya adalah International Gamelan Festival yang diselenggarakan di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan upaya memperkuat ekosistem kebudayaan dan menjadi momentum berkumpulnya penggiat budaya yang menggeluti gamelan baik dalam maupun luar negeri.

Pembukaan yang dilaksanakan di Benteng Vastenburg pada 9 Agustus 2018 ini dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy M.A.P., Dirjen Kebudayaan Dr. Hilmar Farid, Sesditjen Kebudayaan Dra. Sri Hartini M.Si. Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, pejabat eselon satu dan dua, pejabat ISI Surakarta, BPCB dan BPNB serta penggiat karawitan baik dalam maupun manca negara.

Alunan merdu gamelan di Pendaphi Gedhe Surakarta doc. Doddy Wiranto
Karawitan Kemendikbud tampil di Balaikota Surakarta doc M. Hidayat

Konser dan pertunjukan dari komposer Rahayu Supanggah (Surakarta), Wayan Yudana (Bali) dan Taufik Adam (Jakarta) turut memeriahkan kegiatan ini. Tidak hanya pertunjukan dari penampil karawitan dalam negeri yang memukau penonton, tetapi juga penampilan dari luar negeri yang ternyata mahir dan selaras dalam memainkan gamelan. Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa alunan musik dapat mempersatukan manusia walaupun dari budaya yang berbeda. (Duwiningsih)