Homo erectus Menuju Museum Goes to Campus ke-2 di UNS

0
844

Museum Goes to Campus (MGtC) kembali hadir di Surakarta. Event Museum Goes to Campus (MGtC) 2017 ini merupakan pameran bersama dengan peserta sejumlah museum di Indonesia. MGtC edisi ke-2 ini merupakan kelanjutan dari MGtC ke-1 yang diselenggarakan pada bulan November 2016 di tempat yang sama, yaitu Auditorium Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tema integral MGtC ke-2 adalah “Keanekaragaman yang Menyatukan”. Pameran ini berlangsung dan dibuka untuk masyarakat umum mulai tanggal 4-7 September 2017 dan dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00.

Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMP Sangiran) akan berpartisipasi pada kegiatan ini. Sebagai bentuk penyebaran informasi, BPSMP Sangiran akan menyajikan koleksi meliputi replika tengkorak Homo erectus, artefak-artefak yang terkait dengan budaya Homo erectus, dan fosil gading gajah jenis stegodon. Selain koleksi fosil dan artefak, koleksi lain yang dipamerkan dalam event MGtC ini adalah patung rekonstruksi Homo erectus, media digital interaktif yang terdiri dari media layar sentuh (touchscreen) dan media film.

Media digital interaktif berisi informasi tentang Situs dan Museum Manusia Purba Sangiran maupun institusi pengelolannya, yaitu BPSMP Sangiran. Di dalamnya memuat visi dan misi BPSMP Sangiran, sejarah Situs Sangiran dari masa ke masa hingga  berdirinya Museum dan BPSMP Sangirandan ruang-ruang pamer yang ada di  Museum Manusia Purba Sangiran beserta segala fasilitasnya. Media touchscreen juga berisi virtual museum Sangiran yang dapat diakses oleh pengunjung untuk mengetahui ruang-ruang pamer yang ada di Museum Sangiran.

Partisipasi BPSMP Sangiran dalam MGtC ke-2 ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang Cagar Budaya bagi publik, khususnya generasi muda di kota Surakarta dan sekitarnya. Selain itu, lewat event MGtC ke-2 ini dapat memberi edukasi nilai-nilai sejarah, permuseuman, dan Cagar Budaya kepada publik lewat koleksi-koleksi yang dipamerkan. (MJ)