GERHANA MATAHARI TOTAL DI TERNATE

0
1009

Ternate merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) di Indonesia. Tempat-tempat itu adalah Bangka Belitung, Balikpapan, Jailolo, Kao, Lubuklinggau, Maba dan Buli, Palangkaraya, Palembang, Palu, Poso dan Ternate-Tidore. GMT yang dapat disaksikan di Ternate ini yang melatarbelakangi diajukannya Festival Legu Gam di tahun 2016 ini. Dengan momentum GMT di Ternate, diharap mampu mengundang wisatawan lokal dan mancanegara sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta mengundang investasi.

Disela-sela kesibukan memandu pameran yang diikuti BPSMP Sangiran dalam rangka Festival Legu Gam, tim pemandu pameran turut serta menyaksikan GMT yang terjadi di Ternate. Lokasi dalam menyaksikan GMT berada di lokasi yang tidak jauh dari lokasi pameran yaitu di tepi Pantai Falajawa.

GMT_ternate00003

Rabu 9 Maret 2016, terlihat Pantai Falajawa di padati ratusan bahkan ribuan orang yang bertujuan menyaksikan GMT. Bagi kaum muslim sebelum menyaksikan GMT berbondong-bondong menuju mesjid untuk salat gerhana yang kemudian menyaksikan suatu peristiwa langka bukti kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Peristiwa GMT di Ternate tertangkap kamera dengan begitu banyak orang ingin menyaksikannya.

Peristiwa langka ini sempat membuat jalan disekitar Pantai Falajawa dipenuhi masyarakat lokal maupun wisatawan lokal dan mancanegara.

GMT_ternate00001  GMT_ternate00002

Peristiwa langka yang merupakan bukti kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dapat disaksikan di Ternate dan merupakan momen yang tepat dengan diselenggarakannya Festival Legu Gam. (Wiwit Hermanto)