Festival Budaya Masyarakat Desa Manyarejo dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Purbakala Ke-109

0
77

Festival budaya masyarakatDesa Manyarejodiawali dengan kegiatan gotong royong membersihkan Kali Bojong dan sumber air sebagai bentuk kepedulian masyarakat Manyarejo terhadap kelestarian lingkungan. Kegiatan tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022. Sebelum dilakukan gotong royong membersihkan Kali Bojong, diadakan dahulu acara “bancakan” supaya acara berjalan dengan lancar dan aman, serta mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan dilanjutkan pada tanggal 6 Juni 2022 dengan kirab budaya dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilakukan di Desa Manyarejo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen. Kirab budaya dimulai dari Rumah Joglo Mbah Tugi hingga Punden Sambi, Bojong berupa arak-arakan dengan penampilan Tari Rempek Balung Buto, nasi tumpeng, aneka makanan hasil bumi, dan diiringi oleh tabuhan gejlok lesung dan gamelan bende. Ketika sampai di Punden Sambi, arak-arakan kirab budaya disambut oleh iringan musik gejlok lesung dan musik gambus bambu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari beberapa pihak yang hadir, antara lain Kepala Desa Manyarejo, Camat Plupuh, Dekan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, dan Dinas Lingkungan Hidup. Inti sambutan dari para tamu undangan tersebut sepakat bahwa sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan tentunya kelestarian lingkungan purbakala atau Situs Sangiran. Semua juga sepakat bahwa kegiatan ini sangat baik dan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. Selesai sambutan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis dan pelepasan burung oleh tamu undangan, serta upacara selamatan (bancaan) atau makan bersama sebagai doa dan rasa syukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Demikian rangkaian kegiatan kirab budaya dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Nantinya, kegiatan budaya di Desa Manyarejo terus berlangsung hingga puncaknya adalah peringatan Hari Purbakala Ke-109. Pada puncak kegiatan tersebut dilaksanakan kirab budaya dan pentas seni budaya kolaborasi antara masyarakat Manyarejo dan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta, serta didukung oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran. Menuju puncak acara tanggal 14 Juni 2022, di Desa Manyarejo tepatnya di Dusun Grogolan Krajan setiap malam diadakan acara latihan kesenian dan ngobrol bareng dengan masyarakat terkait dengan seni dan budaya. Latihan kesenian yang dilakukan, antara lain seni pedalangan, seni tari, dan seni musik yang didampingi langsung oleh dosen dari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta. Selain rangkaian kegiatan budaya tersebut, juga akan dilaksanakan pemutaran film oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran. (Wahyu W.,Heru)