Evaluasi Organisasi Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja

0
3848

Dunia akan selalu berubah, demikian pula masyarakat, lingkungan dan termasuk juga sebuah organisasi, baik organisasi pemerintah maupun non pemerintah. Dapat dikatakan bahwa tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri.
Perubahan pada organisasi pemerintah juga terjadi mengikuti perkembangan jaman dan juga kebutuhan organisasi dan masyarakat yang dilayaninya. Untuk itu, organisasi pemerintah harus terus menerus menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Banyak faktor yang membuat organisasi pemerintah harus berubah sehingga untuk menghadapi hal ini diperlukan evaluasi pada periode tertentu. Dalam rangka mewujudkan organisasi berkinerja tinggi, langkah akhir dalam proses yang harus dilakukan adalah tahap evaluasi terhadap kinerja organisasi, sebagai upaya menuju organisasi berkinerja tinggi.
Proses evaluasi terhadap kinerja organisasi ini penting dilakukan agar dapat mengetahui sampai sejauh mana organisasi tersebut telah efektif melakukan perubahan menuju organisasi berkinerja tinggi. Dapat dikatakan bahwa evaluasi terhadap kinerja organisasi pada hakekatnya adalah sebuah usaha untuk mengetahui “di mana kita nyatanya berada” dan “di mana kita seharusnya berada”. Dari hasil evaluasi bisa diketahui apa kekurangan dan kelebihan organisasi yang kemudian dapat dilakukan langkah-langkah intervensi untuk memperbaiki kondisi yang ada.
Untuk menghadapi perubahan, BPSMP Sangiran selaku salah satu organisasi pemerintah dengan tugas pokok dan fungsi yang diembannya juga melakukan evaluasi kinerja pada periode tertentu. Pada tanggal 27-28 Desember 2018, BPSMP Sangiran melaksanakan Rapat Evaluasi Tahunan yang bertujuan untuk dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari apa yang dilaksanakan pada tahun 2018.
Seperti yang diungkap oleh Drs. Muhammad Hidayat saat membuka kegiatan, “Sebagai organisasi, evaluasi penting untuk mengetahui kekurangan kita untuk diperbaiki di masa depan. Sampai akhir tahun ini daya serap kita baru 92 koma sekian persen. Diawal tahun kita buat program dan penganggaran jika maksimal penyerapan bisa 100% walau dlm perjalanannya kita bisa menghemat tapi bisa mendekati”.
Lebih lanjut, diungkap Hidayat bahwa, “Output dari segi kualitas masih kurang, ada yang berjalan seadanya, mari evaluasi pekerjaan kita. Dari evaluasi kita bisa nilai apakah sudah maksimal atau belum pekerjaannya”.
Dengan evaluasi, akan membuat organisasi menyadari apa yang telah dilaksanakan sebelumnya dan merencanakan program yang lebih baik ke depannya. Perlu peningkatan kerja bagi seluruh pegawai dalam mencapai tujuan yang telah digariskan organisasi yang disertai dengan pengawasan yang ketat sehingga meminimalisir kesalahan dan mampu memaksimalkan hasil sesuai tujuan. (Wiwit Hermanto)