DISKUSI ILMIAH ARKEOLOGI, IAAI KOMISARIAT DIY – JAWA TENGAH

0
1115

03 DIADalam rangka persiapan Kongres Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia dan Pertemuan Ilmiah Arkeologi (PIA) ke-13 di Makasar bulan September tahun ini, IAAI Komisariat Daerah Istimewa Yogyarta dan Jawa Tengah mengadakan kegiatan Diskusi Ilmiah Arkeologi. Diskusi ini merupakan ajang pengumpulan materi berupa makalah dari anggota IAAI Komisariat DIY dan Jawa Tengah yang akan dinilai dan diajukan sebagai bahan materi presentasi pada Pertemuan Ilmiah Arkeologi ke-13 di Makasar.
Diskusi dengan tema “Integrasi dan Pengembangan Arkeologi Indonesia “ ini dibagi menjadi dua tahap kegiatan, yaitu talkshow dan seminar. Talkshow mengambil tema keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan heritage dan Implementasi UU no 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang berkaitan dengan masyarakat. Talkshow ini dihadiri oleh narasumber yang berpengalaman di bidangnya yaitu Dian Laksmi (Dinas Kebudayaan Propinsi DIY), Siswanto (Balar Yogyakarta), Marsis Sutopo (Balai Konservasi Borobudur), Muhammad Hidayat (BPSMP Sangiran), dan Tjahjono Prasodjo (FIB-UGM).
Sesi seminar dibagi menjadi 3 bagian yaitu makalah-makalah bertema Arkeologi dan Masyarakat; Kebijakan dan CRM; serta Teori, Pemikiran, dan Perkembangan Disiplin Arkeologi. Tidak kurang dari 14 naskah dipresentasikan dan pada bagian akhir dilakukan perumusan hasil diskusi yang merangkum seluruh kegiatan Diskusi Ilmiah Arkeologi saat ini.