BPSMP Sangiran Terlibat Aktif Mencegah Penyebaran Covid-19

0
194

Pandemi Virus Corona sejak beberapa waktu ini begitu menakutkan dan mulai menjangkiti negara ini. Sudah mulai ada korban jiwa dan hingga kini masih terus bertambah orang yang terjangkiti.
Diperlukan peran serta berbagai pihak untuk mencegah agar penyebaran Covid-19 dapat dilakukan. Sesuai dengan perintah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, BPSMP Sangiran berusaha berperan dalam mencegah penyebaran Covid-19. “BPSMP Sangiran secara aktif melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19). Yang telah dilakukan adalah dengan melakukan penutupan sementara seluruh museum di Sangiran sebagai tindakan penting untuk menghentikan penyebaran Virus Corona”, jelas Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran.
Penutupan museum ini dilakukan sejak tanggal 15-31 Maret 2020. Penutupan ini merupakan upaya awal pencegahan, mencegah masyarakat berkumpul yang menjadi salah satu cara penyebaran Covid-19. Penutupan ini berdampak dalam upaya penyampaian informasi sebagai pengetahuan bagi masyarakat dalam mengenali kebesaran bangsanya di masa lalu. Selain itu museum juga sebagai tempat wisata yang bisa menjadi sarana melepas kepenatan.
Penutupan museum dilakukan sejalan dengan tindakan penyemprotan disinfektan sebagai salah satu cara mencegah penyebaran Covid-19. “Selama penutupan museum, BPSMP Sangiran juga berupaya mencegah penularan Virus Corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara teratur”, jelas Iwan.
Secara teratur upaya ini terus dilakukan dengan menitikberatkan pada, “Lokasi penyemprotan dititikberatkan pada tempat-tempat yang disentuh oleh pengunjung dan karyawan seperti di bagian ruang pamer, railing, pegangan pintu, meja kerja, keyboard komputer, dan telepon”.
Diharapkan pandemi ini segera berlalu dan kegiatan penyampaian informasi pada masyarakat lewat museum dapat berjalan normal kembali. Upaya pencegahan sangat penting bagi keselamatan dan kesehatan setiap orang. Mengutamakan keselamatan dan kesehatan merupakan upaya nomer 1 yang dilakukan BPSMP Sangiran.
“Semoga semua cepat berlalu dan normal kembali”, pungkas Iwan.
Bersama berperan aktif mencegah penyebaran Covid 1o merupakan kewajiban bersama demi keselamatan dan kesehatan bersama. Sebagai sebuah institusi BPSMP Sangiran mengambil peran tersebut. Semua pada muaranya demi kemajuan kebudayaan, kemajuan dengan mengambil perannya masing-masing. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR