BPSMP Sangiran Menampilkan Koleksinya Di Pameran Museum 2017

0
907
Sri Sultan Hamengkubono X memberi sambutan sekaligus membuka pameran

BPSMP Sangiran selaku pengelola Museum Sangiran turut berperan serta dalam pameran bersama yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pameran kali ini menampilkan koleksi unggulan dari museum DIY dan nusantara, terdapat 60 booth yang menampilkan koleksi dari peserta museum. Pameran berlangsung selama 5 hari dari tanggal 17 sampai 21 Mei 2017, mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Pameran bertema “Museum Jogja Istimewa untuk Indonesia” ini bertempat di Jogja City Mall.

Sri Sultan Hamengkubono X memberi sambutan sekaligus membuka pameran

Sri Sultan Hamengkubono X memberi sambutan sekaligus membuka pameran

Pada pelaksanaan pameran kali ini pihak penyelenggara pameran ingin mendekatkan museum ke masyarakat. Pameran museum goes to mall mengubah persepsi cara pandang masyarakat. Fungsi museum tidak hanya sebagai tempat penyimpanan barang antik saja, tetapi sudah menjadi tempat preservasi, penelitian dan komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan misi edukasi sekaligus rekreasi kepada masyarakat. Banyaknya museum yang ada di Indonesia mampu menampilkan corak yang berbeda yang dapat memperkaya pilihan kunjungan wisatawan.

Tujuan pameran bersama ini ialah :

  1. Pelaksanaan pameran sebagai bentuk sosialisasi publik tentang potensi-potensi museum yang ada di daerah Istimewa Yogyakarta dan Indonesia.
  2. Memperkenalkan museum sebagai salah satu media pembelajaran, sumber ilmu pengetahuan serta daya tarik wisata.
  3. Mengubah pandangan museum sebagai tempat yang menyenangkan dan dapat memberikan inspirasi ataupun informasi kepada pengunjungnya.

Pameran semacam ini sangat penting untuk mengenalkan museum ke publik, masyarakat dapat memperoleh wawasan keberadaan museum yang seringkali luput dari perhatian pengunjung. (Duwiningsih)