Bioskop Keliling Menjadi Salah Satu Sarana Komunikasi dengan Masyarakat

0
608

Bioskop Keliling (Bioling) merupakan kegiatan rutin BPSMP Sangiran yang dilaksanakan oleh Seksi Pemanfaatan. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana komunikasi antara BPSMP Sangiran dengan masyarakat.
Pada hari Sabtu, 30 Maret 2019 Bioling dihelat di Dusun Dangrejo, Desa Bukuran, Kecamatan Kalijambe, Sragen. Melalui diskusi dan koordinasi yang dilakukan tim Bioling dengan tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.
“Informasi Bioling akan diadakan disini, sudah saya sampaikan pada saat rapat Karang Taruna maupun pertemuan RT agar masyarakat mengetahui dan datang menonton Bioling”, kata Supri yang merupakan salah satu tokoh masyarakat.
Di awal diskusi dan koordinasi, tim Bioling tidak menemui kesulitan untuk menyampaikan berbagai informasi tentang pemutaran Bioling. Dangrejo yang merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam Situs Sangiran memerlukan berbagai informasi tentang Sangiran. Sebagai salah satu bagian dari Situs Sangiran, maysrakat memerlukan informasi tentang apa yang dapat mereka lakukan selaku bagian dari situs ini.
“Kami sangat bahagia dengan kedatangan Bioling di tempat kami. Terima kasih atas kehadiran tim Bioling, masyarakat kami memerlukan hiburan serta informasi tentang Sangiran”, ujar Nur Sholikan selaku tokoh pemuda.
Dukungan yang demikian besar masyarakat Dangrejo sudah terlihat sejak tim Bioling datang. Berbagai pertanyaan dilontarkan serta tawaran bantuan dilontarkan.
“Nanti mau diputar di mana?”
“Apa saja film yang akan diputar?”
“Silahkan pilih lokasi yang baik untuk pemutaran Bioling”
“Kalau bersedia, silahkan gunakan halaman rumah saya sehingga penonton bisa nyaman”
Itulah pertanyaan dan tawaran masyarakat pada tim Bioling. Sebuah komunikasi yang perlu terus dipererat sehingga mampu mengajak masyarakat dalam upaya pelestarian Situs Sangiran. Menjadi sebuah komunikasi yang harmonis dalam mengajak masyarakat berperan dalam upaya pelestarian Situs Sangiran.
Melalui Bioling, menjadi salah satu sarana berkomunikasi dengan masyarakat. Sebuah upaya membangun komunikasi dengan masyarakat melalui cara sederhana dan cara itu adalah Bioling. (Wiwit Hermanto)