Bioling di Dangrejo: Kerjasama dengan Masyarakat dengan Kearifan Lokalnya

0
619

Bioskop Keliling (Bioling) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan. Pada tahun 2019 ini, Dusun Dangrejo, Desa Bukuran, Kecamatan Kalijambe, Sragen merupakan sasaran pertama Bioling.
Bioling dihelat pada Sabtu, 30 Maret 2019 merupakan yang pertama dilaksanakan pasa tahun 2019 ini. Bioling ini merupakan buah dari kerjasama dengan masyarakat melalui tokoh masyarakat dan pemuda Dangrejo.
Sejak awal diskusi dan koordinasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda menjadi sangat mudah dikarenakan masyarakat yang mudah menerima informasi dan kerjasama dengan pihak tim bioling.
“Saya yakin, masyarakat antusias dan siap bekerjasama serta meramaikan Bioling jika diadakan di sini”, ungkap Supri salah satu tokoh masyarakat.
Dengan memberi informasi pada masyarakat akan mempermudah kerjasama dan saling pengertian. Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda sangat antusias saat rencana Bioling di Dangrejo digulirkan.
“Informasi rencana pemutaran Bioling sudah saya sampaikan di Grup WA Karang Taruna dan mereka siap menyambut Bioling”, lanjutnya.
Setelah diadakan diskusi dan koordinasi lebih lanjut, disepakati bahwa Bioling akan diadakan di hari sabtu. “Sebaiknya dilaksanakan malam minggu, masyarakat banyak berkumpul di rumah, pemuda sudah pulang dari tempat kerjanya dan siap membantu”, lanjutnya.
Dengan informasi yang diperoleh serta dukungan tokoh masyarakat dan pemuda Dangrejo, disepakati untuk memutar Bioling pada Sabtu, 30 Maret 2019. Sesuai kesepakatan tersebut, diagendakan Bioling.
Hal ini dengan memperhatikan berbagai aspirasi masyarakat serta kearifan lokal yang ada. “Pertemuan masyarakat diajukan tadi malam sehingga tidak mengganggu pelaksanaan Bioling selain itu informasi pemutaran Bioling sudah disampaikan dan masyarakat siap menyambut dan meramaikan”, pungkasnya.

Masyarakat berinisiatif memasang terpal diatas sebagai atap untuk mengantisipasi hujan
Penonton cilik sudah mulai mencoba inisiatif warga memasang terpal diatas

Pertemuan masyarakat yang rutin dilakukan merupakan salah satu sarana menyampaikan informasi pemutaran Bioling. Penyampaian oleh tokoh masyarakat menjadi salah satu kunci dalam penyampaian informasi. Keputusan masyarakat untuk memindah kegiatan pertemuan rutin mereka merupakan sebuah kearifan lokal masyarakat. Kearifan lokal masyarakat ini terlihat sangat jelas dalam pelaksanaan Bioling, begitu besar bantuan yang diberikan dan begitu banyak penonton yang hadir. Ini merupakan buah dari kerjasama dan kearifan lokal masyarakat. Sebuah potensi besar yang perlu dikembangkan untuk memajukan masyarakat yang bermukim di Situs Sangiran. (Wiwit Hermanto)