Workshop dan Lomba “Nyungging Wayang” Siswa Tingkat SMP dan SMA Sederajat se-Daerah Istimewa Yogyakarta

Peserta Lomba akan mendapatkan fasilitas workshop sebagai pembekalan terhadap peserta dalam mengikuti lomba

0
2077
Nyungging Wayang

BPNB DIY, Juli 2020 – Sejalan dengan amanat Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berusaha untuk memajukan 10 objek pemajuan kebudayaan demi terwujudnya kebudayaan sebagai haluan pembangunan nasional. Salah satu dari 10 objek pemajuan kebudayaan tersebut adalah seni. Objek seni sangat luas dan beragam. Satu diantaranya adalah wayang. Seni rupa dan seni kriya dalam pergelaran wayang, terwakili oleh wujud boneka wayang, baik yang dimainkan maupun yang dipajang sebagai simpingan, khususnya sebagai ajang mempertunjukkan hasil seni tatah dan sungging wayang.

Seni tatah dan sungging wayang merupakan hal penting dalam seni pewayangan, khususnya dalam seni wayang kulit. Dari hasil seni inilah terwujudnya boneka-boneka tokoh yang dimainkan sebagai seni peran dalam pertunjukan wayang kulit. Seni tatah dan sungging wayang merupakan seni yang remit dan rumit yang pengerjaannya membutuhkan keterampilan dan ketelatenan khusus.

Sehubungan dengan hal itu, BPNB D.I. Yogyakarta akan menyelenggarakan kegiatan “Workshop dan Lomba Nyungging Wayang Tingkat Siswa SMP & SMA Sederajat Se-Daerah Istimewa Yogyakarta”. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang pengenalan dan pembekalan untuk generasi penerus agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hal nyungging wayang. Lebih lanjut, penyelenggaraan kegiatan “Workshop dan Lomba Nyungging Wayang Tingkat siswa SMP & SMA Sederajat Se-Daerah Istimewa Yogyakarta”, dimaksudkan sebagai ruang ekspresi agar seni nyungging wayang bisa hidup dan berkembang di kalangan generasi penerus.

Tema
Kegiatan ini mengangkat tema “Workshop dan Lomba Nyungging Wayang Sebagai Wahana Apresiasi dan Pelestarian Seni Budaya Jawa untuk generasi muda”. Melalui kegiatan ini pemerintah memberi pembekalan dan ajang berkreasi bagi generasi muda untuk mengenal dan memiliki keterampilan dalam bidang seni sungging wayang, sekaligus sebagai wadah kereksperimen guna mengembangkan kreatifitas untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan daya kreatifitasnya dalam seni sungging wayang, sehingga seni budaya tersebut bisa lestari.

Peserta Lomba
Lomba ini dapat diikuti oleh para generasi muda di wilayah DIY, yang masih berstatus siswa di tingkat pendidikan menengah pertama dan pendidikan menengah atas dan sederajat (sesuai kategori). Jumlah peserta di tiap kategori dibatasi maksimal 50 peserta (SMP: 50 peserta dan SMA: 50 peserta).

Peserta Workshop
Peserta workshop adalah peserta lomba nyungging wayang tingkat siswa SMP & SMA sederajat se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Hanya peserta lomba saja yang bisa mengikuti kegiatan workshop. Kegiatan workshop memiliki tujuan memberikan bekal sebelum peserta membuat karya untuk dilombakan, sekaligus memberi ruang pada peserta untuk bertanya kepada para ahli di bidangnya.

Dewan Juri
Dewan juri sekaligus narasumber workshop kegiatan ini adalah:

  1. Subandi Giyanto (Seniman pelaku, Pelestari dan pengembang seni rupa tradisional).
  2. Indiria Maharsi (Dosen Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
  3. Ag. Madyana Putra (Pecinta dan pembuat wayang media baru, Dosen Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Ketentuan Lomba
Ketentuan lomba adalah sebagai berikut:

  1. Peserta adalah siswa SMP/Sederajat atau SMA/SMK/Sederajat di wilayah D.I. Yogyakarta
  2. Jumlah peserta dibatasi 50 orang untuk kategori SMP/Sederajat dan 50 orang untuk kategori SMA/SMK/Sederajat.
  3. Tokoh wayang yang disungging adalah: Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong.
  4. Peserta cukup menyungging/mewarnai satu sisi wayang saja. Namun diperbolehkan juga jika ingin menyungging/mewarnai di kedua sisi wayang.
  5. Peserta akan mendapatkan fasilitas wayang, cat, dan kuas. Meskipun demikian peserta diperbolehkan untuk menggunakan cat dengan merek dan warna yang berbeda dengan yang telah disediakan oleh panitia.
  6. Peserta wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu, mengisi form pendaftaran, serta upload / mengunggah Kartu Identitas Resmi (Kartu Pelajar / Kartu Keluarga / dll) dan Surat Keterangan dari Sekolah dalam format pdf secara online ke: bit.Iy/wayangbpnbdiy
  7. Peserta yang sudah mendaftarkan diri bisa mengambil bahan yang berupa wayang, kuas, dan cat secara langsung ke Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) D.I. Yogyakarta, Jl. Brigjen Katamso 139 (Dalem Jayadipuran) Yogyakarta pada tanggal 3-4 Agustus 2020 pada jam kerja (09.00 WIB-15.00 WIB) dengan membawa Kartu Pelajar atau Surat Keterangan Sekolah.
  8. Peserta yang terlebih dahulu datang untuk mengambil bahan, boleh memilih tokoh wayang yang disediakan.
  9. Peserta diminta mengikuti workshop yang diselenggarakan pada hari Rabu, 5 Agustus 2020, pukul 10.00 s.d selesai melalui aplikasi ZOOM. Informasi lebih lanjut akan disampaikan melalui WA Grup peserta.
  10. Hasil karya dikumpulkan paling lambat hari Kamis, 13 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB dengan menyertakan pula beberapa hal berikut:
    1. Surat Pernyataan Keaslian Karya dengan materai Rp. 6.000,-
    2. video proses menyungging wayang dengan durasi minimal 5 menit dalam format mp4 dalam bentuk CD / Flashdisk.
    3. Peserta juga diperkenankan untuk menyertakan karya rupa lain seperti sketsa dan lain-lain yang pernah dihasilkan (portofolio).
  11. Apabila setelah diumumkan hasil lomba dan ternyata ditemukan / diketahui adanya kecurangan, maka status juara dibatalkan dan wajib mengembalikan hadiah.
  12. Hasil karya peserta menjadi milik peserta kecuali karya pemenang.
  13. Anggota keluarga panitia dan dewan juri tidak diperkenankan untuk mengikuti lomba.
  14. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Waktu Pelaksanaan
Tahapan waktu pelaksanaan:

No.TahapanTanggal
1Pendaftaran daring / online24 Juli – 4 Agustus 2020
2Pengambilan bahan wayang3 – 4 Agustus 2020
3Workshop5 Agustus 2020
4Pengumpulan karya13 Agustus 2020
5Penjurian14 – 16 Agustus 2020
6Pengumuman pemenang19 Agustus 2020

Hadiah
Hadiah untuk para juara di kategori SMP dan SMA berupa trophy, sertifikat dan uang pembinaan sebesar :

No.Urutan JuaraUang Pembinaan
1Juara IRp. 2.000.000,-
2Juara IIRp. 1.750.000,-
3Juara IIIRp. 1.500.000,-
4Juara Harapan IRp. 750.000,-
5Juara Harapan IIRp. 500.000,-

Seluruh peserta yang mengikuti lomba dan workshop akan mendapatkan e-sertifikat. Pengerjaan karya untuk lomba, dilakukan di tempat tinggal masing-masing, dan dikumpulkan ke Kantor BPNB DIY sesuai tahapan waktu pelaksanaan di atas.

Narahubung

  1. Ana Amini          : 0822 4281 8233
  2. Suyami                : 0813 9200 1256
  3. Ani Larasati        : 0896 7193 8181

*Infografis

  • Nyungging Wayang
  • Nyungging Wayang
  • Nyungging Wayang
  • Nyungging Wayang