Serat Nitisastra Karya Raden Ngabehi Yasadipura II Suatu Kajian Keutamaan Moral Dalam Budaya Jawa

  • Post author:
  • Post category:Karya Tulis

Serat Nitisastra Karya Raden Ngabehi Yasadipura II Suatu Kajian Keutamaan Moral Dalam Budaya Jawa

Oleh: Titi Mumfangati

Naskah Jawa sebagai warisan nenek moyang Bangsa Indonesia mengandung nilai-nilai yang cukup baik diteladani dan disebarluaskan pada masa sekarang. Banyak segi-segi kehidupan yang tercermin dalam berbagai naskah yang kini menjadi koleksi museum maupun perorangan. Nilai-nilai yang ada masih cukup relevan dan bermanfaat bagi kehidupan masa sekarang.

Serat Nitisastra karya Raden Ngabehi Yasadipura II adalah salah satu karya sastra Jawa yang berisi piwulang atau ajaran. Banyak sekali nasihat yang termuat dalam teks ini, diantara ajaran tentang tata krama, keagamaan, pergaulan, dan teladan perbuatan baik. Apa yang ada dalam Serat Nitisastra secara tersurat maupun tersirat merupakan pesan-pesan moral yang patut diketahui, diamalkan, dan diteladani dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan dengan mempelajari karya ini akan terungkap keutamaan-keutamaan moral yang terkandung di dalamnya yang pada masa lalu menjadi norma dan pandangan hidup masyarakat.

Sebagai karya sastra yang penuh petuah dan petunjuk kehidupan sangat penting untuk dipelajari, dibahas, dan disebarluaskan sebagai pedoman bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan pesan-pesan keutamakan moral yang ada dalam Serat Nitisastra.

Selengkapnya: Patra-Widya, Vol. 4 No. 2, Juni 2003.