Serah Terima Jabatan Administrator dan Pengawas

di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

0
1332
serah terima jabatan Administrator dan Pengawas

BPNB DIY, Mei 2019 – Jumat pada minggu ke empat di Bulan Mei ini, tepatnya 24 Mei 2019, diadakan acara serah terima jabatan (sertijab) Administrator dan Pengawas di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Acara dilaksanakan di Pendapa Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) D.I. Yogyakarta / Pendapa Dalem Jayadipuran. Acara dimulai pada sekitar pukul 09.00 WIB. Tamu undangan yang hadir adalah para pejabat ataupun yang mewakili, di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitar, diantaranya adalah P4TK Matematika; P4TK Seni Budaya; Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Balai Arkeologi Yogyakarta; Balai Konservasi Borobudur Jawa Tengah; LPMP Yogyakarta; Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY; BPCB Jawa Tengah; SEAMEO QITEP in Mathematics; Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan, BP PAUD dan DIKMAS DIY; Balai Bahasa Yogyakarta; dan Balai Pelestarian Situs Manusia Purbakala Sangiran Jawa Tengah, serta seluruh pegawai BPNB D.I. Yogyakarta.

Acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah serah terima oleh Kepala Subbaggian Kepegawaian Ditjen Kebudayaan, Suharto, dan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima oleh para pejabat yang sudah dilantik dan yang menyerahkan jabatan.

Pada awal bulan ini, 3 Mei 2019, telah dilakukan pelantikan 88 pejabat yang terdiri dari pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas, serta 10 pejabat fungsional di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang dilaksanakan di Plaza Insan Berprestasi, Kemendikbud, Jakarta. Turut dilantik pada kesempatan tersebut adalah para pejabat Administrator dan Pengawas yang melangsungkan serah terima jabatan di Dalem Jayadipuran pagi ini. Beliau-beliau adalah:

  1. Dwi Ratna Nurhajarini (Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya D.I. Yogyakarta)
  2. Zaimul Azzah (Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY)
  3. Sukronedi (Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah)
  4. Iskandar Mulia Siregar (Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi)
  5. Kristanto Januardi (Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi)

Bait salam perpisahan disusun dalam rangkaian kata oleh Zaimul Azzah pada kesempatan selanjutnya. Beliau menyampaikan, masih banyak yang harus dikejar oleh BPNB D.I. Yogyakarta dalam prosesnya menuju keadaan yang lebih baik lagi. Tak lupa beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pegawai yang pernah dipimpinnya selama ini, dan juga mengingatkan agar tetap terus bersemangat dalam bekerja sesuai aturan dan norma yang ada, agar BPNB D.I. Yogyakarta semakin maju dan berkembang ke arah yang lebih baik.

Sambutan pun turut disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Sri Hartini. Beliau menyampaikan bahwa tour of duty maupun tour of area merupakan hal yang sudah biasa. Perputaran posisi pemimpin dalam suatu instansi sudah menjadi kebutuhan di era saat ini. Beliau pun turut mengingatkan kepada para pejabat tersebut di atas untuk tetap bekerja dengan baik membangun budaya kerja yang baik, di setiap lingkungan yang dipercayakan kepada masing-masing pejabat.

Seperti apa yang telah disampaikan Mendikbud pada pelantikan 3 Mei lalu, yang menginginkan Kemendikbud memulai tradisi tour of duty dan tour of area, agar suasana kerja menjadi semakin dinamis dan segar. Hal tersebut juga bertujuan untuk membawa Kemendikbud ke arah yang lebih baik, agar manfaat nyata dapat dirasakan oleh masyarakat umum, sehingga kelak bangsa dan negara ini akan menjadi bangsa yang maju, berpendidikan dan berkebudayaan.

Lestari Budayaku Lestari Negeriku,
Salam Budaya

??

(bpw)