Rapat Persiapan Kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun Etnomusikologi Karya Jaap Kunst

0
736
Persiapan Kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun Etnomusikologi Karya Jaap Kunst

 

 

BPNB D.I. Yogyakarta, Oktober 2018 – Selasa pagi 23 Oktober 2018 diadakan rapat persiapan Kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Etnomusikologi Karya Jaap Kunst di ruang sidang Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) D.I. Yogyakarta. Rapat dihadiri oleh Direktur Direktorat Sejarah (Dit. Sejarah), Dra. Triana Wulandari, M.Si.; Kepala BPNB D.I. Yogyakarta, Dra Zaimul Azzah, M.Hum.; Sejarawan dan dosen Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Dr. Sri Margana, M.Hum.; beserta staf dari Dit. Sejarah dan BPNB D.I. Yogyakarta.

Sesuai dengan arahan dan permintaan dari Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid, Phd., untuk menyelenggarakan diskusi kelompok terpumpun di tempat yang memiliki nilai sejarah, maka Kantor BPNB D.I. Yogyakarta / Ndalem Jayadipuran dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Salah satu hal yang akan diangkat pada DKT ini adalah penyelamatan fisik maupun isi, serta perawatan dari koleksi Jaap Kunst yang ada di Museum Nasional yang berupa silinder lilin berisi rekaman suara, dan juga negative film, di mana nantinya akan diinventarisasi oleh Dit. Sejarah, Museum Nasional, dibantu oleh Dit. Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi.

Rencananya kegiatan tersebut di atas akan dilaksanankan pada hari Kamis 1 November 2018, dan akan diikuti oleh para tamu undangan berjumlah 60 orang, yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari pengambil kebijakan, komunitas, akademisi, hingga pelaku sejarah.