Predikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) 2021 – BPNB D.I. Yogyakarta

0
279
Bebas dari Korupsi

BPNB DIY, Desember 2021 – Kanca Budaya sedaya, hari Senin tanggal 20 Desember 2021 kemarin, menjadi hari yang berarti dan bersejarah bagi BPNB D.I. Yogyakarta. Apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) diberikan untuk unit / satker dengan predikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK / WBBM). Pada tahun 2021 ini Unit / Satker Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang berhak mendapatkan predikat WBK / WBBM sebayak 17 Unit / Satker, salah satunya adalah BPNB D.I. Yogyakarta, yang mendapatkan predikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

Proses yang cukup panjang harus dilalui untuk mencapai predikat tersebut. Diawali dengan pengusulan pada Sekretariat Jenderal. Kemudian pendampingan dilakukan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen), Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan, serta Biro Ortala. Selanjutnya dilakukan penilaian oleh Itjen selaku Tim Penilai Internal Kemendikbudristek yang akhirnya menyatakan bahwa BPNB D.I. Yogyakarta layak untuk diusulkan memiliki predikat WBK. Setelah dinyatakan layak, tahapan selanjutnya adalah Desk Evaluation yang dilakukan oleh tim dari Kemenpan RB. Beberapa saat setelah itu, tim dari Kemenpan RB melakukan visitasi / survey lapangan untuk memastikan apa yang dipaparkan dan dijawab saat Desk Evaluation benar-benar telah diterapkan. Tidak sampai di situ, visitasi / survey lapangan juga dilakukan tanpa pemberitahuan dan juga tidak dapat diketahui oleh pihak BPNB D.I. Yogyakarta (mystery shoper). Setelah proses-proses di atas, hasil yang telah didapatkan kemudian menjadi bahan dalam rapat pleno yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Nasional, yang terdiri dari unsur Kemenpan RB; KPK; dan Ombudsman RI, untuk menilai hal administratif serta hasil survey lapangan, yang nantinya akan menjadi penentu apakah Satker yang dinilai berhak mendapatkan predikat WBK atau tidak.

Apresiasi dan penghargaan ini tentunya bukan hanya hasil kerja keras dari keluarga Besar BPNB D.I. Yogyakarta saja, namun juga dapat terwujud karena bantuan, dukungan, serta energi yang baik dari seluruh Kanca Budaya serta Stakeholder kami. Maturnuwun kami ucapkan untuk panjenengan sedaya, sehingga kami dapat bersinergi dengan panjenengan sedaya untuk memajukan kebudayaan. Dukung kami selalu agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja birokrasi kami.

Salam sehat dan Salam Budaya
🙏