Petani Tembakau Di Desa Selopamioro Imogiri Bantul

0
1717

Petani Tembakau Di Desa Selopamioro Imogiri Bantul

Oleh : Siti Munawaroh

Penelitian yang berjudul Petani Tembakau dilakukan di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dipilihnya lokasi ini karena mayoritas penduduknya (75,89 %) bekerja di sektor pertanian dan sebagian besar (69,54%) dari luas pertanian yang ada ditanami tembakau di musim kemarau tiba.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan pendapatan tembakau dapat membantu perekonomian rumah tangga dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi petani menanam tembakau. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan metode survai dengan analisa secara kuantitatif dan kualitatif. Responden diambil kepala keluarga sebanyak 30 rumah tangga yang diambil secara sistematis sesuai dengan tujuan penelitian. Sedangkan dalam pengumpulan data responden digunakan cara pengamatan, wawancara, dan kepustakaan.

Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini bahwa, alasan atau faktor yang mempengaruhi responden menanam tembakau sebesar 60,0% karena pendapatan lebih tinggi, 16,7% sebagai sumber biaya hidup sebelum panen tiba atau sebagai tabungan, 13,3% karena pekerjaan turun-temurun, dan 10,0% karena jenis tanah yang cocok. Sedangkan menanam tembakau menurut responden sangat membantu perekonomian rumah tangga, hal ini karena pendapatan tembaku lebih tinggi atau berlipat tiga bila dibandingkan dengan pendapatan selain menanam tembakau seperti, padi, lombok, kacang, maupun jagung dalam luas produksi yang sama, yakni tanaman tembakau mempunyai rata-rata pendapatan Rp.891,666,00, dan selain menanam tembakau dengan rata-rata Rp.208.333,00 dalam satu periode tanam.

Sementara jenis tanaman tembakau yang ada di daerah penelitian pada umumnya jenis tembakau Kedu Shili yang mempunyai umur sekitar 6 bulan dengan mempunyai ciri-ciri gagang kecil, daun panjang dan tebal, rajangan halus dan lembut, baunya harum dan antep serta mempunyai warna tembakau kuning keemasan (semringah).

Selengkapnya: Laporan Penelitian JARAHNITRA, No. 019/P/1999.