Penyerahan Penghargaan Lomba Nyungging Wayang BPNB D.I. Yogyakarta

0
10854
awarding nyungging wayang

BPNB DIY, Agustus 2020 – Rabu pagi, 19 Agustus 2020, di Pendapa Dalem Jayadipuran (BPNB D.I. Yogyakarta), diselenggarakan acara Penyerahan Penghargaan Lomba Nyungging Wayang BPNB D.I. Yogyakarta 2020. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB. Acara diawali dengan laporan pelaksanaan Lomba Nyungging Wayang oleh Ketua Pokja (Kelompok Kerja), Dra. Suyami, M.Hum.. Selanjutnya Kepala BPNB D.I. Yogyakarta, Dra. Dwi ratna Nurhajarini, M.Hum., memberikan sambutan dan membuka acara penyerahan penghargaan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan Lomba Nyungging Wayang merupakan aktualisasi dari Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan serta sebuah ruang pembelajaran bagi siswa siswi untuk lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia, khususnya wayang dan teknik sunggingnya. Beliau pun turut mengajak para generasi muda dan semua pihak, untuk bersama memajukan budaya Indonesia.

  • awarding nyungging wayang
  • awarding nyungging wayang
  • awarding nyungging wayang
  • awarding nyungging wayang
  • awarding nyungging wayang

Dalam ulasan para juri, kreativitas tinggi terlihat dari hasil-hasil sungging wayang yang dikumpulkan, dan menurut Indiria Maharsi, S.Sn., M.Sn., para peserta lomba adalah anak-anak yang kreatif. Beliau mengajak para peserta lomba untuk tetap semangat berkarya dan jangan berhenti di titik ini. Agustinus Madyana Putra, S.T., M.Sc., menyampaikan bahwa salah satu hal menarik yang ada dari proses nyungging wayang adalah pendokumentasiannya. Menurutnya hal tersebut dapat menjadi cerita kelak di masa depan yang menggambarkan detil-detil proses pengerjaan karya. Beliau juga mengatakan bahwa pentingnya sebuah wayang dapat dilihat dari tiga jarak pandang (cukup jauh, menengah dan dekat). Ulasan sesi ketiga atau terakhir, disampaikan oleh Drs. Subandi Giyanto, yang menyampaikan bahwa sebenarnya kita berhak untuk membuat tradisi-tradisi baru (pengembangan) di dalam menghias pakaian wayang (kembangan, ornamen, dan lain-lain). Beliau juga menekankan, perlunya kreativitas yang untuk selalu ditambah.

Dan sampailah pada pengumuman para juara Lomba Nyungging Wayang. Berikut adalah daftar para juara:

Kategori SMP / Sederajat

NoUrutan JuaraNama
1Juara IFistania Rahmatika Aisyahara
2Juara IIRadityo Danar Sinathryo
3Juara IIINuha Fatina Gunardi
4Juara Harapan ITabina Elvaretta Putri
5Juara Harapan IIAdristi Yunia Janitra
https://www.instagram.com/p/CEEl4NrhWUW/?igshid=g7c2jhdlde2

Kategori SMA / Sederajat

NoUrutan JuaraNama
1Juara INashiiraa Sinta Saniscara
2Juara IIFarrel Aditya Putra Prasetyo
3Juara IIIRiski Dwi Fitriyanto
4Juara Harapan IIkhsan Dwi Saputra
5Juara Harapan IIGilang Sahid Alfarri

Selamat kepada para pemenang Lomba Nyungging Wayang BPNB D.I. Yogyakarta 2020 Kategori SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat. Bagi yang belum berhasil, jangan berkecil hati, sejatinya panjenengan sedaya adalah para pemenang. Keberanian panjenengan sedaya untuk mengikuti lomba merupakan kebanggaan bagi kami. Karena kalian turut serta dalam pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia. Sekali lagi Selamat, teruskan semangat panjenengan sedaya dalam berkarya di bidang apapun, masa depan Indonesia ada di tangan panjenengan sedaya, Salam Budaya.

Penyerahan Penghargaan Lomba Nyungging Wayang BPNB DIY 2020