Penayangan Film dan Diskusi Nilai Budaya 2021 BPNB DIY

BPNB D.I. Yogyakarta - Hotel Grand Aston Yogyakarta - 29 Maret 2021

0
516
pemutaran film

BPNB DIY, Maret 2021 – Senin 29 Maret 2021 di Hotel Grand Aston Yogyakarta, diselenggarakan acara “Penayangan Film Dokumenter dan Diskusi Nilai Budaya”. Acara diawali dengan laporan penyelenggaraan oleh Ketua Panitia, Drs. Mudjijono, M.Hum., dan kemudian dibuka oleh Kasubbag TU BPNB D.I. Yogyakarta, Ernawati Purwaningsih, S.Si., M.Sc.. Pada acara penayangan kali ini, film dokumenter produksi BPNB D.I. Yogyakarta yang ditayangkan berjumlah 3 film, yang pertama adalah “Rahayu Supanggah Maestro Karawitan Indonesia”, kemudian “Karawitan Sragenan”, dan terakhir “Kerajinan Payung Juwiring”. Lima orang narasumber yang dihadirkan pada acara ini untuk membahas dan menelaah adalah, Prof. Dr. Suhartono (Sejarawan); F. Sales Magastowo (Praktisi Perfilman); Ngadiyakur (Pengrajin Payung Juwiring); Suparno (Sanggar Mustiko Laras Karawitan Sragenan); dan I. Yusef Wahyudi, M.Si. (Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sragen).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk diseminasi nilai budaya melalui media film dan diskusi, dengan sasaran kaum muda, di mana kegiatan ini dilandasi oleh tujuan untuk pemajuan dan pelestarian kebudayaan, melalui pewarisan nilai dengan agen film dokumenter. Agen sebagai penanam habitus ada dalam berbagai bentuk, seperti film. Oleh karenanya, pengenalan dan pembelajaran bukan hanya melalui bangku sekolah semata, namun dapat juga melalui sebuah pemutaran film. Film dibuat mempunyai berbagai tujuan, satu di antaranya dapat sebagai pengenalan dan pembelajaran tentang sebuah nilai. Terlebih film yang didesain sebagai media pembelajaran dalam penelaahan tokoh, karya budaya, atau sebuah teknologi, yang di dalamnya mengandung banyak nilai yang dapat ditularkan pada individu dan generasi muda.

Turut pula disajikan sajian tari dari sanggar tari Nomadic Dance yang membawakan karya Payung Satu. Tari ini bercerita tentang kebersamaan, perlindungan terhadap suasana yang mengalun menjadi sebuah kebahagiaan, yang sejalan dengan semangat kami untuk bersama dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan, menuju Indonesia bahagia.