Pemutaran Film Bioskop Keliling di Dusun Bulurejo Gunungkidul

0
492
Bioling BPNB DIY 2020

BPNB DIY, Maret 2020 – Sabtu tanggal 7 Maret 2020 dua hari yang lalu, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) D.I. Yogyakarta melaksanakan pemutaran film Bioskop Keliling di Dusun Bulurejo, Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BPNB D.I. Yogyakarta di empat kabupaten dan satu kota di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Bioling BPNB DIY 2020

Acara dibuka oleh Kepala Dusun Bulurejo, Ibu Seni Nurhayati. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kasubbag TU BPNB DIY, Ibu Ernawati Purwaningsih, S.Si, M.Si., mewakili Kepala yang sedang berhalangan hadir. Beliau mengenalkan kepada masyarakat Bulurejo tentang tugas dan fungsi BPNB DIY, serta tujuan dari adanya pemutaran film bioskop keliling ini. Diharapkan, selain dapat memberikan hiburan bagi masyarakat, juga dapat diambil nilai positif yang terkandung di dalam film yang diputar.

 

Bioling BPNB DIY 2020

Pengenalan tentang BPNB DIY juga dilakukan dengan memutar film dokumenter produksi Balai, di mana film tersebut, merupakan hasil dari tim BPNB DIY yang di  dalamnya terdapat para peneliti yang mengkaji, kemudian hasil kajian tersebut divisualisasikan ke dalam bentuk tayangan film dokumenter, yang memiliki tema tentang kesejarahan, kebudayaan, dan tradisi. Kegiatan dimulai pada pukul 20.30 WIB, dan dihadiri oleh kurang lebih 300-an warga Bulurejo dan sekitarnya, yang terdiri dari anak-anak, para muda-mudi, serta para sesepuh dusun.