Pembukaan Lawatan Sejarah Regional Tahun 2015 BPNB Yogyakarta Di Kraton Sumenep Madura

0
1378

Notice: Trying to get property 'roles' of non-object in /home/website/web/kebudayaan.kemdikbud.go.id/public_html/wp-content/plugins/wp-user-frontend/wpuf-functions.php on line 4663

Sumenep-Madura, 08 April 2015 – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Lawatan Sejarah Regional Tahun 2015. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 07 – 10 April 2015. Lawatan Sejarah Regional Tahun 2015 dengan tema Lawatan Sejarah Regional Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Bangsa, dengan sub tema Warisan Sejarah Madura Untuk Memperkokoh Bangsa, bertujuan untuk :

  • Menggali berbagai informasi kesejarahan yang ada di objek-objek sejarah.
  • Memperkenalkan objek-objek sejarah guna menumbuhkan sikap gemar melestarikan, melindungi dan memelihara peninggalan sejarah kepada peserta didik.
  • Meningkatkan wawasan kesejarahan kepada generasi muda agar lebih mencintai dan memahami sejarah bangsanya, seperti sikap cinta tanah air, semangat persatuan dan kesatuan, keberagaman, serta solidaritas.
  • Membuka cakrawala yang luas kepada generasi muda tentang pruralistik bangsa Indonesia dan simpul-simpul yang merajut keberagaman dan memperkuat integrasi bangsa.
  • Mengenalkan dan mempraktekan pembelajaran sejarah yang edukatif, inspiratif dan rekreatif sehingga menjadi menarik dan tidak membosankan.
  • Meningkatkan daya nalar dan daya kritis siswa terhadap fenomena yang ada di lingkungan sekitar.

Lawatan Sejarah ini akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan budaya di Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur, yaitu: Kraton Sumenep, Museum Kraton Sumenep, Taman Sari Kraton Sumenep, Masjid Jami Sumenep, Makam Asta Tinggi, Kerajinan Batik Madura, Kerapan Sapi Madura di Sumenep, dan Perusahaan Garam di Kalianget. Peserta kegiatan Lawatan Sejarah Regional ini berjumlah 75 orang yang terdiri atas: siswa, guru dan pendamping dari dinas terkait dari 3 provinsi yaitu Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tari_Muang_Sangkal
Tari Muang Sangkal

Acara pembukaan kegiatan Lawatan Sejarah Regional Tahun 2015, dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 8 April 2015 pukul 08.00 WIB, bertempat di Pendopo Kraton Sumenep. Acara diawali dengan pergelaran kesenian khas Madura yang berupa Tari Muang Sangkal. Tari Muang Sangkal ini merupakan tari untuk menyambut kedatangan tamu, disamping mempunyai makna sebagai penolak bala. Para penari berasal dari Sanggar Tari Bumi Joko Tole Sumenep, pimpinan Taufiqurahman.

Lawatan-01
Suasana acara pembukaan Lawatan Sejarah Regional Tahun 2015 di Pendopo Kraton Sumenep Madura

Acara dilanjutkan dengan Laporan Panitia Penyelenggara yang disampaikan oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta, Dra. Christriyati Ariani, M.Hum., dalam laporannya Kepala Balai menyatakan bahwa Lawatan Sejarah ini merupakan kegiatan unggulan Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta, dan kegiatan ini sudah berlangsung selama 11 kali. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Sumenep dan sekaligus membuka acara kegiatan Lawatan Sejarah Regional Tahun 2015, yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Drs. Achmad Fauzi, MM., dalam sambutannya menyatakan bahwa di Sumenep banyak peninggalan sejarah yang tidak kalah menarik dengan tempat-tempat lain sehingga penyelenggaraan kegiatan Lawatan Sejarah di Sumenep kali ini sangat tepat.[ps]

Kontributor: Retna Astuti, Subiyantoro, dan Y. Hastrini Nurwanti.