25 Pelajar Ikuti BBM Bersama Drs. Trustho, M.Hum

0
771

Bantul, BPNB DIY – Pembukaan acara Belajar Bersama Maestro (BBM) Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) D.I. Yogyakarta, telah dilaksanakan kemarin (23/4/2018) di Sanggar Omah Gamelan, Dusun Kaloran, Prenggan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta pimpinan Drs. Trustho, M.Hum (K.M.T. Purwadipura). Acara dibuka langsung oleh Kasubbag TU BPNB D.I. Yogyakarta, Dra. Siti Rohyani, M.Hum.

Pelatihan karawitan program Belajar Bersama Maestro (BBM) BPNB D.I. Yogyakarta tahun 2018. (Foto: Warsito).

Kegiatan ini akan berlangsung tanggal 22 April – 28 Juni 2018 dengan jumlah peserta 25 orang dengan komposisi peserta 11 putra dan 14 putri yang berasal dari 16 sekolah tingkat SMP atau yang sederajat di wilayah D.I. Yogyakarta.

Pelatihan terdiri dari 10 kali pelatihan, 1 kali gladi bersih pementasan, dan diakhiri dengan pementasan para peserta BBM di Dalem Jayadipuran Yogyakarta tanggal 28 Juni 2018. Para siswa akan menimba ilmu langsung dari Drs. Trustho, M.Hum tentang segala hal yang berkaitan dengan karawitan seperti belajar menabuh gamelan gending-gending klasik gaya Yogyakarta, gending garapan baru, gending karya Ki Cakrawasito, Ki Nartosabdo, dan tentunya karya Ki Trustho.

Foto bersama peserta Belajar Bersama Maestro (BBM)  BPNB D.I. Yogyakarta tahun 2018. (Foto: Warsito).

Teks: Subiyantoro
Foto: Warsito