Lomba Esai Sejarah bagi Guru Smp/Sederajat dan Guru SMA/Sederajat

sewilayah D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur (Wilayah Kerja BPNB D.I. Yogyakarta)

0
2123
Lomba Esai Sejarah

BPNB DIY, Agustus 2020 – Sebagai pemantik semangat untuk lebih mendalami pemahaman sejarah lokal, khususnya di wilayah D.I. Yogyakarta, maka Balai Pelestarian Nilai Budaya D.I. Yogyakarta berinisiatif untuk mengadakan kegiatan “Lomba Esai Sejarah bagi Guru Smp/Sederajat dan Guru SMA/Sederajat sewilayah D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur”. Adapun tema yang diambil ialah, “Merajut Simpul Keistimewaan Yogyakarta dalam bingkai Ke-Indonesiaan”.

Waktu Pelaksanaan

No.KegiatanTanggal
1Pendaftaran sekaligus pengiriman naskah esai12 – 26 Agustus 2020
2Penjurian27 – 30 Agustus 2020
3Pengumuman Pemenang31 Agustus 2020

Aspek Penilaian meliputi:

  1. Kesesuaian tema;
  2. Narasi/substansi melalui penulisan;
  3. Kesesuaian Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang dahulu dikenal dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Dewan Juri pada kegiatan lomba ini adalah:

  1. M. Yuanda Zara, Ph.D.
    Dosen Ilmu Sejarah – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
  2. Bonnie Triyana.
    Pemimpin Redaksi Historia.id.
  3. Heri Priyatmoko, M.A.
    Dosen Jurusan Sejarah – Universitas Sanata Dharma (USD).

Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir di tautan bit.ly/esaiguru. Diharuskan mengisi data di formulir tersebut dengan keadaan yang sesungguhnya. Apabila diketahui data yang diisi bukan data sesungguhnya, panitia berhak menindaklanjutinya dengan menganulir status peserta maupun pemenang lomba.

Kategori Juara dan Hadiah

No.JuaraUang PembinaanKategori
1Juara IRp 7.000.000,-SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat
2Juara IIRp 6.000.000,-SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat
3Juara IIIRp 5.000.000,-SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat
4Juara Harapan IRp 2.500.000,-SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat
5Juara Harapan IIRp 1.500.000,-SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat
6Juara Harapan IIIRp 1.000.000,-SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat
74 Nominator@- Rp. 500.000,-SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat

Semua peserta lomba akan mendapatkan sertifikat elektronik. Juara I s.d. Juara Harapan III akan mendapatkan trofi, sertifikat dan uang pembinaan.

Ketentuan – ketentuan:

Ketentuan yang harus dipenuhi peserta:

  1. Terdapat 2 kategori lomba, yaitu untuk peserta Guru tingkat SMP/Sederajat, serta kategori lomba untuk peserta guru SMA/ Sederajat, di seluruh wilayah kerja BPNB D.I. Yogyakarta (Provinsi Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Provinsi Jawa Timur).
  2. Karya ilmiah atau  esai minimal 10 Halaman dan maksimal 20 halaman, dalam bentuk data lunak (softcopy), dan dikumpulkan selambat lambatnya tanggal 26 Agustus 2020, yang diunggah melalui form pendaftaran di tautan bit.ly/esaiguru. Ketentuan penulisan menggunakan format kertas ukuran kuarto (A4), spasi ganda dan menggunakan jenis font Cambria  ukuran 12.
  3. Karya tulis dilarang menggunakan sumber dari blogger, wikipedia, wordpress dan laman sejenis lainnya.
  4. Sistematika penulisan mencakup: pengantar, isi dan penutup.

Ketentuan penulisan:

  1. Artikel ditulis dalam format kertas Kuarto A4, dengan margin atas 3cm, samping kiri 4cm, samping kanan 3 cm, bawah 3 cm.
  2. Judul dicetak dengan huruf kapital, dicetak tebal dengan jenis huruf Cambria font 12, spasi tunggal dengan jumlah kata maksimal 15. Judul yang diangkat harus berkaitan dengan tema lomba karya ilmiah / esai.
  3. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital dan seluruh nama dicetak tebal. Penulisan satu artikel hanya untuk satu orang.
  4. Afiliasi sekolah dan alamat surel (email) penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Cambria  font 12.
  5. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, berisi tentang pernyataan ringkas dan padat tentang ide-ide yang paling penting. Jumlah kata dalam abstrak tidak boleh lebih dari 300 kata dan diketik 1 spasi. Jenis huruf abstrak yaitu Cambria dengan besar font  11, disajikan dengan rata kiri dan kanan, disajikan dalam satu paragraf, dan ditulis margin kanan dan kiri menjorok 1,2 cm. Abstrak dilengkapi dengan Kata Kunci yang terdiri atas 3-5 kata yang menjadi inti dari uraian abstraksi. Kata Kunci dicetak tebal.
  6. Setiap sub judul ditulis dengan dicetak tebal (bold). Adapun susunan karya ilmiah yaitu pendahuluan, isi dan penutup.
  7. Alinea baru ditulis menjorok kekanan dengan masuk 1 tab , antar alinea tidak diberi spasi.
  8. Kata asing atau bahasa daerah  dicetak dengan huruf miring.
  9. Dilarang menggunakan rujukan dalam bentuk blog (blogger, wordpress, kompasiana, kaskus, blog detik, facebook, dll). Peserta yang telah mengisi formulir di tautan bit.ly/esaiguru dan mengirimkan karya ilmiah dalam bentuk data lunak (softcopy) diharapkan memberikan konfirmasi kepada Panitia (narahubung)

Narahubung
Indra Fibiona: 0856 4750 7523

*Infografis