Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2021

INOVASI DESA UNTUK KEMAJUAN KEBUDAYAAN

0
1614
kbkm 2021

BPNB DIY, April 2021 – Kanca Budaya sedaya, pendaftaran Kemah Budaya Kaum Muda pada tahun 2021 ini telah dibuka. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) D.I. Yogyakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis dari Ditjen Kebudayaan akan turut mengawal kegiatan ini. Ada banyak hal yang dapat kalian dapatkan pada kegiatan ini. Kemah Budaya Kaum Muda (selanjutnya disingkat KBKM) merupakan platform kerja budaya yang menghimpun kaum muda yang berusia antara 18 s.d. 25 tahun untuk memiliki inisiatif, berimajinasi dan berkreasi serta berkompetisi, dengan tujuan menjawab berbagai tantangan pemajuan kebudayaan dengan memanfaatkan kekayaan wawasan di bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dan Revolusi Industri 4.0, agar kebudayaan kita selalu siap dalam menghadapi tantangan di masa depan. Karya yang diharapakan berupa purwarupa (prototype) bukan produk jadi.

KBKM pada tahun 2021 ini memiliki perbedaan dengan KBKM sebelumnya, karena fokusnya bergeser ke arah desa. Inisiatif yang dicari juga adalah inisiatif yang betul-betul menerapkan STEAM (secara keseluruhan) dan aspek-aspek Revolusi Industri 4.0. Jadi, teman-teman akan diminta untuk mencari masalah yang dihadapi desa untuk dipecahkan melalui pendekatan STEAM atau Revolusi Industri 4.0.

Contoh kasus misalnya, ada sebuah desa yang sistem pembukuannya masih manual, ini adalah peluang untuk menciptakan sistem pembukuan terpadu atau fulfilment software untuk masalah rantai suplai dari dan menuju desa. Atau contoh lain, mungkin kalian bisa melihat potensi energi baru dari sebuah desa yang memiliki banyak angin, jadi kalian bisa membangun “taman angin” sebagai pembangkit listrik atau batere ringkas yang bisa dipakai untuk membantu kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Intinya, banyak ide-ide liar dan nakal yang bisa kalian wujudkan di desa-desa yang ada di Indonesia melalui KBKM 2021.

Lewat kerja kelompok yang beranggotakan 3-5 orang, diharapkan akan muncul berbagai inisiatif dari kalangan muda yang menjadi terobosan untuk menjawab tantangan pemajuan kebudayaan di berbagai daerah yang tertuang dalam dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD). Kegiatan ini dirancang untuk menggali ide, inovasi serta inisiatif-inisiatif berbasiskan STEAM dari kalangan kaum muda terkait Objek Pemajuan Kebudayaan khususnya untuk menjawab 10 permasalahan dari Daftar Masalah Umum (DMU) PPKD.

 

 

Mengapa perlu ikut KBKM 2021 ?

KBKM adalah tempat yang tepat bagi kalian merancang karya gagasan. Sahabat Muda dapat menciptakan berbagai karya dalam upaya pemajuan kebudayaan berbasis interaksi kreatif dengan menggunakan pendekatan terpadu di bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematichs). Dengan semangat 4.0, Sahabat Muda dapat menciptakan banyak hal. Sudah saatnya gagasan Sahabat Muda gak hanya tersimpan di notes dan menguap menjadi angin lalu.

 

Apa saja yang perlu disiapkan ?

Ada berbagai tahap yang mesti Sahabat Muda ikuti. Pertama-tama, kamu mesti bekerja di dalam kelompok. Kalau kamu belum punya kelompok atau komunitas, segera bentuklah bersama teman-temanmu. Untuk Kategori Aplikasi, jumlah anggota tim adalah 5 orang dan untuk Kategori Purwarupa 3 orang. Tim harus terdiri dari laki-laki dan perempuan.

 

Bagaimana cara untuk dapat ikut dalam KBKM 2021 ?

Daftarkan kelompok kamu di tautan ini. Kamu juga mesti menyusun proposal gagasan yang mencakup rancangan anggaran biaya, pembentukan lini masa, penyusunan rencana kerja dan evaluasi proposal. Jadi mulai dari sekarang obrolin, tulis dan rancanglah gagasan kalian dengan teman-teman terbaik kalian. Gak usah ragu dan takut.

 

Bagaimana tahapan selanjutnya ?

Jika proposal kalian lolos, Sahabat Muda akan dikumpulkan dalam ajang tarung ide di Kemah Budaya Kaum Muda Regional. Kemah Budaya Kaum Muda Regional ini akan diadakan di 11 daerah. Setiap daerah akan dipilih 1 pemenang untuk masing-masing kategori. Namun, hanya yang terbaik dari tiga pemenang itulah yang berhak melaju ke Kemah Budaya Kaum Muda Nasional. Kemah Budaya Kaum Muda Regional maupun Nasional, dengan suasana yang hangat, kalian dapat saling bertukar gagasan dengan tutor. Proposal akan dipertajam menjadi sebuah business canvas dan perincian proposal model.

 

Yuk Kanca Budaya Sedaya, segera daftar dan ikuti prosesnya. Gunakan semangat, gairah, dan kemampuan kalian untuk memberikan manfaat bagi Pemajuan Kebudayaan dan majunya desa-desa di Indonesia. Informasi lebih lengkap dapat Kanca Budaya sedaya akses di laman Kemah Budaya Kaum Muda.