Festival Kethoprak Pelajar 2020

0
678
festival kethoprak pelajar

BPNB DIY, Oktober 2020 – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyelenggarakan kegiatan Festival Kethoprak Pelajar tahun 2020. Agar kesenian kethoprak dapat tetap hidup dan berkembang baik di masyarakat, khususnya di lingkungan generasi muda/pelajar/sekolah, dirasa perlu untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku seni Kethoprak dari kalangan pelajar dengan memberikan ruang ekspresi melalui Festival Kethoprak Pelajar. Diharapkan dengan memberikan ruang ekspresi kepada mereka, kepercayaan diri dan kebanggaan terhadap budaya yang dimiliki dapat semakin bertambah sehingga pada akhirnya timbul kesadaran dan upaya dari dalam masing-masing individu untuk melestarikan budayanya tersebut. Selain itu, festival tersebut juga diharapkan dapat mengenalkan kepada masyarakat luas tentang keindahan dari khasanah budaya kesenian kethoprak.

Penyelenggaraan kegiatan Festival Kethoprak Pelajar secara daring yang diselenggarakan Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan   upaya   pemerintah   untuk   melaksanakan   amanat   dari   Undang- Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Peserta dari kegiatan ini adalah  3 grup atau kelompok kethoprak pelajar perwakilan dari grup-grup   kethoprak   pelajar   yang   ada   di   Daerah   Istimewa   Yogyakarta. Mengingat saat ini masih  dalam  kondisi dan situasi wabah Covid-19, supaya mencegah penyebaran virus ataupun mencegah terjadinya kluster baru, maka dalam kegiatan Festival Kethoprak Pelajar dilaksanakan secara daring. Selain itu dalam pelaksanaan festival ini juga harus mengikuti protokol kesehatan. Untuk itu masing-masing grup kethoprak maksimal terdiri atas10 orang pemain atau paraga ditambah 1 orang sutradara. Selain itu grup karawitan pengiring maksimal  terdiri  atas  10  orang  pengrawit  ditambah  1  orang waranggana. Masing-masing grup akan diberikan kesempatan untuk mementaskan satu lakon atau cerita dengan durasi maksimal 30 menit. Dari penampilan tersebut, peserta akan diberikan feedback atau masukan dari narasumber/kurator yang kompeten di bidangnya. Selain itu, peserta juga akan diberikan bantuan operasional pentas dan apresiasi atas penampilannya.

Kegiatan    Festival    Kethoprak    Pelajar    yang    diselenggarakan    Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2020 dengan tema Festival  Kethoprak  Pelajar  Sebagai  Wahana  Ekspresi  Budaya Generasi Muda”. Kegaiatan ini akan diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 26 Oktober 2020 pukul 19.30 WIB. Disiarkan langsung  melalui  Live Streaming channel Youtube BPNB D.I. Yogyakarta dari Pendapa Dalem Jayadipuran, Jalan Brigjen Katamso 139 Yogyakarta.

Adapun para grup kethoprak pelajar yang akan tampil dalam festival tersebut adalah: Sanggar Lonthang Pangarso, dengan Lakon Wewaler, sutradara Herry Suryono; Paguyuban Mantab Jiwa (PMJ) dengan lakon Ontran-Ontran Bumi Kerto, sutradara Agus Sugiyanto; dan Sanggar Ponco Laras, dengan lakon Lastri. Festival kethoprak ini akan diiringi oleh grup karawitan Paseban dari Timbulharjo, Sewon, Bantul, pimpinan Sahrul Yuliyanto. (Pantja)