Cerita Bergambar “Seletan Neker”

0
1620
Cergam Seletan Neker

Oleh Bambang H. Suta Purwana, Sumarno
Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Tuhan YME atas karuniaNya, sehingga Buku Cerita Bergambar bisa terbit dan hadir di hadapan pembaca semua. Terwujudnya buku ini tentu saja melalui sentuhan tangan berbagai pihakantara lain peneliti, narasumber, percetakan dan sebagainya, sehingga ucapan terimakasih pantasditujukan kepada mereka.
Dunia anak identik dengan bermain, bersenang-senang, penuh dengan keceriaan dan kegembiraan. Keseharian anak dihiasi dengan canda tawa, kemeriahan serta diwarnai dengan ekspresi kesenangan tanpa beban apa pun. Masa kecil merupakan masa terbaik untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Penanaman itu bisa dilakukan dengan keteladanan tokoh/sosok tertentu, proses internalisasi secara langsung, maupun melalui buku bacaan. Melalui buku bergambar bisa menumbuhkan imajinasi anak untuk mengembangkan penalarannya. Tentunya buku bergambar yang dipilih pun merupakan buku bergambar yang berkualitas secara substansi maupun materi. Sebab, melalui buku cerita bergambar anak akan berimajinasi secara bebas sesuai dengan usia dan kemampuannya. Buku bergambaryangdikenalkan kepada anaktentu buku yang sarat dengan nilai-nilai karakter balk berupa ceritera rakyat, permainan tradisional, maupun kulinertradisional.
Pengenalan permainan tradisional Seletan Neker yang masih dimainkan oleh anak-anak di Kabupaten MagelangJawaTengah merupakan salah saw permainan tradisional yang masih bertahan. Dalam permainan ini anak yang bermain diajarkan untuk bersikap jujur, terbuka, sportif, melatih pikiran dan ketepatan mengukur. Selain merasa senang, tanpa disadari anak mengenali budayanya sehingga diharapkan bisa men u m buhka n kecintaan terhadap kekayaan budayanya.
Oleh karena ltu, kami menyambut gembira dengan terbitnya buku berga m bar tentang permainan tradislona Seletan Neker ini. Harapannya, semoga buku ini bisa menjadi bacaan yang menarik dan menyenangkan, sekaligus bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi anak. Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Baca/ unduh lengkap Buku CergamSeletan Neker