Cerita Bergambar “Sawunggaling”

0
5190
Cergam Sawunggaling

Oleh Yustina Hastrini Nurwanti, Theresia Esti Wuryansari

Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Tuhan YME atas karuniaNya, sehingga Buku Cerita Bergambar bisa terbit dan hadir di hadapan pembaca semua. Terwujudnya buku ini tentu saja melalui sentuhan tangan berbagai pihak antara lain peneliti, narasumber, percetakan dan sebagainya, sehingga ucapan terimakasih pantas ditujukan kepada mereka.
Dunia anak identik dengan bermain, bersenang-senang, penuh dengan keceriaan dan kegembiraan. Keseharian anak dihiasi dengan canda tawa, kemeriahan sett diwarnai dengan ekspresi kesenangan tanpa beban apa pun. Masa kecil merupakan masa terbaik untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Penanaman itu bisa dilakukan dengan keteladanan tokoh/sosok tertentu, proses internalisasi secara langsung, maupun melalui buku bacaan. Melalui buku bergambar bisa menumbuhkan imajinasi anak untuk mengembangkan penalarannya. Tentunya buku bergambar yang dipilih pun merupakan buku bergambar yang berkualitas secara substansi maupun materi. Sebab, melalui buku cerita bergambar anak akan berimajinasi secara bebas sesuai dengan usia dan kemampuannya. Buku bergambar yang dikenalkan kepada anaktentu buku yang saratdengan nilai-nilai karakter balk berupa ceritera rakyat, permainan tradisional, maupun kuliner tradisional.
Pengenalan cerita rakyat bagi anak sangat penting. Di dalam cerita rakyat pasti mengisahkan adanya pertentangan antara sifat dan watak tokoh yang baik-buruk. Sawunggaling merupakan salah satu contoh cerita rakyat yang sarat dengan sifat-sifat tersebut. Tokoh yang bersifat baik dan terpuji pasti akan mendapat kemenangan, meraih keberhasilan dan pujian, sebaliknya sifat dan watak yang buruk tentu akan mendapatkan cacian dan cemoohan. Demikian pula Joko Berek atau Sawunggaling tokoh dalam buku cerita rakyat ini. Sifatnya yang jujur, tulus dan rendah hati pantas menjadi panutan.
Oleh ka rena itu, kami menyambut gembira dengan terbitnya buku bergambar Sawunggaling, cerita rakyat dari Jawa Timur ini. Harapannya, semoga buku ini bisa menjadi bacaan yang menarik dan menyenangkan, sekaligus bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi anak.Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya.

Baca/unduh selengkapnya Buku Cergam Sawunggaling