Cerita Bergambar “Gudeg Manggar: Kuliner Khas Kabupaten Bantul”

0
1439
Cergam Gudeg Manggar: Kuliner Khas Kabupaten Bantul

Oleh Suwarno, Salamun
Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Tuhan YME atas karuniaNya, sehingga Buku Cerita Bergambar bisa terbit dan hadir di hadapan pembaca semua. Terwujudnya buku ini tentu saja melalui sentuhan tangan berbagai pihakantara lain peneliti, narasumber, percetakan dan sebagainya, sehingga ucapan terlmakasih pantas ditujukan kepada mereka.
Dunia anak identik dengan bermain, bersenang-senang, penuh dengan keceriaan dan kegembiraan. Keseharian anak dihiasi dengan canda tawa, kemeriahan serta diwarnai dengan ekspresi kesenangan tanpa beban apa pun. Masa kecil merupakan masa terbaik untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Penanaman itu bisa dilakukan dengan keteladanan tokoh/sosok tertentu, proses internalisasi secara Iangsung, maupun melalui buku bacaan. Melalui buku bergambar bisa menumbuhkan imajinasi anak untuk mengembangkan penalarannya.Tentunya buku bergambar yang dipilih pun merupakan buku bergambar yang berkualitas secara substansi maupun materi. Sebab, melalui buku cerita bergambar anak akan berimajinasi secara bebas sesuai dengan usia dan kemampuannya. Buku bergambar yang dikenalkan kepada anak tentu buku yang sarat dengan nilai-nilai karakter baik berupa ceritera rakyat, permainan tradisional, maupun kulinertradisional.
Pengenalan kuliner tradisional kepada anak menjadi hal menarik, mengingat selama ini anak mengenal kuliner tradisional setelah tersaji di meja dan siap disantap. Bagaimana tahapan proses pembuatan kuliner tradisional sebagian besar anak tidak mengenalnya. Gudeg manggar merupakan salah satu varian gudeg, makanan khas Yogyakarta. Kuliner ini banyak disukai masyarakat.
luas karena rasanya yang ma nis dan gurih. Bahan utama gudeg manggaradalah manggaryaitu calon buah kelapa. Bagi yang belum mengenal, memanggudegmanggar menjadi kuliner yang langka dan asing.
Oleh karena Itu, kaml menyambut gembira dengan terbitnya buku kuliner tentang gudeg manggar ini. Hara pan nya, buku Inl bisa menjadi bacaan yang menyenangkan bagi anak-anak, sekaligus bisa menambah wawasan pengetahuan terutama tentang kuliner tradisional. Selain itu dengan terbitnya buku ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan jenis kuliner tradisional yang langka. Akhir kata,semoga buku ini bermanfaat bagi sia papun yang membacanya.

Unduh/Lihat Cergam Gudeg Manggar: Kuliner Khas Kabupaten Bantul