SILATURAHMI MENDIKBUD DENGAN JAJARAN UPT KEMENDIKBUD DI SUMATERA BARAT

0
1447

20150124_143003Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan menyempatkan diri menyapa dan bersilaturahmi dengan Jajaran UPT KEMENDIKBUD di Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu, 24 Januari 2015 pukul 14.10 wib. Acara Silaturahmi ini diadakan di Gedung LPMP Sumatera Barat dan diikuti oleh para pegawai UPT KEMENDIKBUD yang ada di Sumatera Barat seperti Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, Balai Bahasa dan LPMP sendiri sebagai tuan rumah. Acara yang singkat ini berlangsung dengan suasana penuh kekeluargaan dan keakraban jauh dari kesan formal. Acara ini juga menghadirkan Gubernur Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno, Kepala LPMP Provinsi Sumatera Barat Prov. Jamaris Jamna, Kepala BPNB Padang Drs. Nurmatias dan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Drs. Syamsurizal.

Setelah secara singkat acara dibuka, Mendikbud memulai ceramahnya yang terkesan saat menginjakkan kaki di Ranah Minang pada tahun 1994. Kedatangan beliau sendiri ke ranah Minang adalah karena rasa penasaran dan rasa ingin tahu akan begitu banyaknya pahlawan yang berjasa bagi Republik Indonesia berasal dari Sumatera Barat.

Pada kesempatan ini Bapak Menteri menekankan perlunya manusia-manusia yang berintegritas dalam mencapai Indonesia yang lebih maju. Tanpa orang-orang yang berintegritas, maka Negara kita akan mengalami kehancuran. Untuk mencapai manusia-manusia yang berintegritas maka satu-satunya cara adalah dengan pendidikan. Pendidikan tidak di sekolah saja, tapi pendidikan tidak terlepas dari bagaimana bersikap di rumah dan lingkungan, di samping pendidikan formal yang dirumuskan oleh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan. Apa yang dikerjakan dalam pendidikan maka ujungnya adalah untuk mengembangkan kebudayaan.

Akhirnya waktu juga yang mengakhiri kebersamaan dengan Bapak Menteri. Beliau masih mempunyai agenda lain sehingga pertemuan harus berakhir. Walau hanya berjalan singkat, acara silaturahmi mempunyai pesan moral yang sangat berharga bagi seluruh pegawai yang hadir. Setelah selesai ceramah, selanjutnya acara ditutup dengan foto bersama pegawai masing-masing UPT dengan Bapak Menteri.

– Marbun –
(BPNB Padang)