Sepuluh Besar Terbaik Festival Film Dokumenter Kebudayaan 2016

0
3038

Padang (BPNB SUMBAR) – Setelah melalui beberapa tahapan penilaian, akhirnya dewan juri menetapkan 10 besar peserta terbaik Festival Film Dokumenter Kebudadayaan 2016. Kesepuluh peserta tersebut antara lain:

  • ‘Debus’ karya Mentari, dkk dari SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh
  • ‘Simuntuak’ karya Faiz Tomendra, dkk dari SMAN 3 Batu Sangkar
  • ‘Mandi Balacuik’ karya Agustina Putri, dkk dari SMKN 1 Enam Lingkuang
  • ‘Rangkiang karya’ Nur Asyifa, dkk dari SMKN 1 Kota Solok
  • ‘Bakul Tangkal’ karya Wendi MS, dkk dari SMKN 1 Sekayu
  • ‘Ratik Tulak Bala’ karya Akmal Dunil Hag, dkk dari SMKN 1 Enam Lingkuang
  • ‘Randai karya’ Sri Wahyu Ningsih, dkk dari SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh
  • ‘Babaliak Ka Surau’ karya Regina Yolanda, dkk dari SMKN 1 Solok
  • ‘Midang Morge Siwe’ karya Nova Novita, dkk dari SMAN 1 Tanjung Raja Ogan Ilir
  • ‘Harapan dari Pelosok Negeri/Permainan Tali’ karya Erlin Pradita dari SMAN 1 Timpeh

Panitia melalui ketua panitia Dra. Ernatip menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pengumuman ini. Kendala teknis menjadi salah satu penyebab pengumuman tertunda beberapa waktu.

Penilaian film dokumenter ini sendiri didasarkan pada beberapa kriteria seperti: Penyampaian ide/gagasan/tema, komunikasi dalam penceritaan, perekaman gambar, perekaman suara, penyusunan gambar dan suara (editing), ilustrasi musik dan penggunaan musik sendiri. Nilai tertinggi dari akumulasi masing-masing kriteria ditetapkan sebagai peserta terbaik. Penilaian semua kriteria ini diserahkan kepada tiga dewan juri yang sudah berpengalaman di bidangnya. Ketiga juri tersebut yaitu Dr. Zainal Arifin dari Departemen Antropologi Universitas Andalas, Kusen Dony Hermansyah, M.Sn dosen TV dan Film Institut Kesenian Jakarta dan Adri Yandi, M. Sn dosen Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Selain itu penilaian ini bebas dari intervensi manapun.

Selanjutnya panitia akan mengundang seluruh tim yang masuk sepuluh besar untuk hadir dalam acara Workshop Pembuatan Film Dokumenter selama dua hari yaitu tanggal 9 – 10 Nopember 2016 di Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota sekaligus penyaringan peserta menjadi enam peserta terbaik. Selama kegiatan workshop para peserta akan diajak ke ISI Padang panjang, presentasi film masing-masing tim dari 10 besar, penyampaian materi pembuatan film dan penilaian peserta terbaik.

Pada 11 nopember 2016 di tempat yang sama penyelenggaraan workshop akan diadakan pengumuman peserta terbaik serta penyerahan hadiah sekaligus penutupan acara. Untuk informasi selanjutnya, para peserta masih diperkenankan menghubungi panitia pada nomor 081363465984 (Ernatip) dan 081266166642 (Erric Syah).