Selamat Bertugas Pak; Bapisah Bukannyo Bacarai

0
1235
Anak-anak TK Bundo Kanduang

Padang (BPNB Sumbar) – Kegiatan Baretong di Hari Tarang Revitalisasi Kesenian Tradisional Minangkabau untuk terakhir kalinya pada tahun 2016 dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada sabtu 10 Desember di Depan Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat di Jl. Raya Belimbing No. 16a. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Bapak Jumhari, SS.

Kepala BPNB Sumbar Bapak Jumhari, SS

Panitia Revitalisasi Kesenian Tradisional Minangkabau memberi tema ‘Bapisah Bukannya Bacarai’. Hal ini mengingat bahwa dalam waktu dekat Kepala BPNB Sumbar Bapak Jumhari, SS akan pindah tugas ke Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat. Kepindahan tersebut berdasarkan pelantikan yang sudah lebih dahulu dilakukan di Jakarta pada 30 November 2016 yang lalu oleh Direktur Kebudayaan.

Mantan Kepala BPNB Sumbar, sekarang menjadi Kepala BPCB Sumbar Bapak Drs. Nurmatias

Kegiatan ini semakin terasa mendalam karena dalam tahun ini 2016 Kepala BPNB Sumatera Barat mengalami pergantian sebanyak dua kali. Pada januari 2016 yang lalu Bapak Drs. Nurmatias pindah ke BPCB Sumatera Barat dan digantikan Bapak Jumhari, SS yang sebelumnya menjadi KasubBag Tata Usaha. Kemudian tidak sampai setahun Bapak Jumhari harus pindah ke BPNB Jawa Barat. Beliau digantikan oleh Bapak Drs. Suarman dari BPNB Kepulauan Riau.

Penampilan kesenian

Atas pergantian tersebut, acara Baretong di Hari Tarang Revitalisasi Kesenian Tradisional Minangkabau menjadi salah satu ajang perpisahan antara pegawai BPNB Sumbar dengan Kepala Balainya serta perpisahan dengan masyarakat yang ada di sekitar kantor.

Pada kesempatan itu Bapak Jumhari, SS dan Bapak Drs. Nurmatias yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pegawai dan juga kepada masyarakat yang selama ini menerima dengan baik dan mendukung kegiatan-kegiatan yang ada di BPNB Sumatera Barat. Mereka juga tidak lupa menyampaikan harapan semoga BPNB Sumatera Barat ke depan di bawah kepala yang baru semakin maju dan program-program yang dijalankan senantiasa mendapat apresiasi dari masyarakat.

Penampilan kesenian

Acara kali ini menampilkan penampilan seni anak-anak TK Bundo Kanduang yang berada dekat dengan lingkungan kantor serta sanggar-sanggar seni dari Padang Pariaman dan Kota Solok. Sanggar-sanggar tersebut merupakan sanggar yang sudah pernah mendapat bantuan dari Kantor BPNB Sumatera Barat.

Anak-anak TK Bundo Kanduang

Sebagaimana harapan yang disampaikan Bapak Jumhari, SS yang akan pindah ke BPNB Jawa Barat, semoga BPNB Sumatera Barat ke depan semakin bermanfaat bagi masyarakat. Selamat bertugas juga di tempat yang baru kepada Bapak Drs. Nurmatias dan Bapak Jumhari, SS, semoga di masa depan semakin sukses dan menjadi manfaat bagi masyarakat.