Segera Digelar, Festival Budaya Enggano

0
1026

Brosur EngganoPadang-Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Padang dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Festival budaya Enggano. Festival budaya ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 15-18 Agustus 2015 sekaligus memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70.

Festival Budaya Enggano, selain memeriahkan hari kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus juga dimaksudkan untuk membangun kesadaran masyarakat akan kehadiran Negara di tengah-tengah masyarakat Enggano. Hal ini mengingat bahwa Pulau Enggano sampai sejauh ini masih susah untuk diakses karena merupakan salah satu pulau terluar. Dan kondisi ini yang mendorong BPNB Padang untuk aktif membuat kegiatan kebersamaan sehingga masyarakat setempat tidak merasa terasing dari NKRI.

Selain itu, kegiatan ini juga mencoba untuk membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan lokal dan mengenal potensi daerahnya sendiri. Sebagaimana diketahui, di tengah arus globalisasi yang semakin gencar sekarang ini akan mampu menggerus pertahanan budaya lokal sehingga mengakibatkan abrasi budaya yang semakin massif. Oleh karena itu, dengan terlaksananya kegiatan-kegiatan serupa di masa depan akan mampu menggairahkan semangat di kalangan generasi muda terhadap nilai-nilai budaya dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat Pulau Enggano.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk proaktif, kreatif dan dinamis dalam menghadapi situasi dan kondisi perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat dan sekaligus memanfaatkan potensi yang ada, sehingga nantinya memiliki kepekaan sosial dan mampu mempertahankan dan melestarikan budaya melalui berbagai kegiatan dalam menghadapi perubahan perkembangan zaman yang semakin pesat.

Sesuai dengan tujuannya untuk membangkitkan kecintaan dan gairah terhadap nilai-nilai budaya lokal, maka rangkaian acara dalam kegiatan ini tidak terlepas dari tradisi-tradisi masyarakat Enggano. Adapun kegiatan yang akan digelar dalam festival Budaya Enggano ini antara lain:

1.Diskusi Budaya, bertemakan ‘Budaya Enggano dan Pelestariannya’

2.Festival Lagu Daerah Enggano, dengan menampilkan lagu wajib yang berjudul ‘Anah Yatuta Yahear yeard’ atau berarti ‘alangkah sulitnya mencari hidup’

3.Festival Permainan Tradisional Enggano, mempertandingkan empat permainan seperti:
a.‘Neoblyokampa’unypo’ (Meniti buah kelapa)
b.‘Pahnekieh Kadie’ (Tarik tambang)
c.‘Paharuyakku’ (Mendorong kayu)
d.‘Pakito’ (Diadakan di Pantai)

4.Lomba Kerajinan Tradisional Enggano.
Pagelaran Festival Budaya Enggano ini akan melibatkan seluruh aspek masyarakat. Dan para pemenang dalam dalam kegiatan ini akan diberikan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan.

-Mbn