Lomba Penulisan Karya Ilmiah Tingkat Mahasiswa

0
3034

BPNB SUMBAR – Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat dalam waktu dekat akan melaksanakan lomba Penulisan Karya Ilmiah Tingkat Mahasiswa. Lomba ini sebagai salah satu media dalam mengenalkan kebudayaan masyarakat Indonesia yang multikultural kepada generasi muda khususnya mahasiswa. Lomba ini juga bermaksud membangun budaya menulis bagi para mahasiswa berhubungan dengan kebudayaan.

LKTI
Lomba Penulisan karya Ilmiah ini bertemakan ‘Revitalisasi Kearifan Lokal bagi Penguatan Multikulturalisme Indonesia’. Menurut ketua pelaksana Hasanadi, S.S, alasan pengangkatan tema ini adalah bahwa masih banyak kearifan-kearifan lokal yang belum tergali dimana banyak diantaranya sangat relevan dalam memelihara kokohnya Multikulturalisme Indonesia. Salah satu diantaranya adalah toleransi. Memelihara nilai-nilai toleransi diakui sangat penting untuk menjaga kerukuran antar suku bangsa.

Suku-suku bangsa di Indonesia mempunyai konsep kearifan lokal berisi nilai toleransi yang bisa memelihara hubungan baik dengan suku bangsa lain. Hal ini terlihat bahwa sejak lama suku-suku bangsa Indonesia telah hidup berdampingan dan rukun. Oleh karena itu lomba penulisan ini diharapkan bisa menggali lebih banyak lagi kearifan-kearifan lokal yang ada di tiga wilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat yaitu Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Bagi mahasiswa Sarjana yang berminat pada kajian-kajian sejarah dan budaya, lomba karya Ilmiah ini sangat bagus. Baik itu sebagai pembelajaran dalam mengasah kemampuan menulis, juga menambah wawasan mengenai kekayaan budaya Bangsa Indonesia. Lomba ini juga akan diapresiasi dengan memberikan hadiah kepada pemenang. Total hadiah yang ditawarkan adalah Rp.20.500.000,-.

Batas pengiriman naskah tulisan ditetapkan sampai tanggal 31 September 2016. Bagi yang berminat mengikuti kegiatan ini atau membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ketua Panitia Hasanadi, S.S (081363642892).