Kepala BPNB Sumatera Barat Bersama BAZNAS Kota Padang Resmikan Bedah Rumah

0
1701
Pemotongan pita oleh Kepala BPNB Sumbar Drs. Suarman

Padang – Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat diminta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk secara bersama meresmikan rumah hasil bedah rumah BAZNAS Kota Padang. Acara peresmian dilaksanakan pada Senin, 17 April 2017. Peresmian dilaksanakan untuk dua rumah yang baru selesai dibedah di Kecamatan Kuranji yakni rumah Ibu Ermanita dan rumah Bapak Nazaruddin. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala BPNB Sumatera Barat Bapak Drs. Suarman.

Meninjau rumah ibu Ermanita yang baru diresmikan

Sejak tahun 2016 BPNB Sumatera Barat membangun kerjasama dengan BAZNAS Kota Padang. Kerjasama ini ditandai dengan setengah pegawai BPNB Sumatera Barat menyalurkan zakat melalui BAZNAS dan masih berlanjut hingga kini. Dari kerjasama ini diharapkan ada manfaat yang bisa diperoleh dengan tersalurkannya zakat tersebut kepada masyarakat kurang mampu khususnya yang ada di sekitar kantor BPNB Sumatera Barat.

Pada tahun ini, BPNB Sumatera Barat mengusulkan bedah dua rumah di wilayah Kuranji. Kelurahan ini merupakan domisili kantor BPNB Sumatera Barat. Ada dua Kepala Keluarga yang diusulkan untuk dapat bantuan bedah rumah tersebut. Kedua orang tersebut adalah Ibu Ermanita di Jl. Raya Belimbing dan Bapak Nazarudddin di Kelurahan Tui Padang. Kedua kepala keluarga ini merupakan keluarga yang sangat sederhana dengan rumah tinggal yang cukup memprihatinkan.

Rumah Bapak Nazarudin

Berkat kerjasama yang telah terbangun, BAZNAS Kota Padang menyambut usulan bedah rumah tersebut dan langsung melakukan pembedahan. Kini rumah Ermanita dan Nazaruddin jauh lebih baik dari sebelumnya. Bedah rumah ini memakan waktu satu bulan dan menelan biaya Rp. 25 juta per unit rumah.

“Jadi untuk dua rumah yang di bedah dan diresmikan pada hari ini, memakan biaya Rp. 50.000.000,- dana ini bersumber dari masyarakat Kota Padang termasuk pegawai BPNB Sumatera Barat“ terang BAZNAS Kota Padang

Pada kesempatan peresmian rumah baru tersebut, Kepala BPNB Sumatera Barat Drs. Suarman mengaku sangat prihatin melihat kondisi rumah Ibu Ermanita sebelum dibedah. Malah, awalnya beliau mengira bahwa rumah tersebut bukan tempat tinggal melainkan warung. Beliau juga bersyukur bahwa melalui BAZNAS rumah Ibu Ermanita bisa dibedah dan nyaman untuk ditinggali.

Acara peresmian rumah tersebut diakhiri dengan pemotongan pita oleh Bapak Suarman, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan rumah.