DISKUSI PEMAPARAN KEGIATAN NON PENELITIAN 2015 BPNB PADANG

0
1126

DSC_0134Diskusi pemaparan kegitan non-penelitian tahun 2015 di Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang dilaksanakan sebelum rangkaian kegiatan berlangsung. Pelaksanaan diskusi ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut yang dimulai sejak Senin – Rabu (26-28/1) di Ruang Sidang Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang. Diskusi ini juga diikuti oleh seluruh pegawai balai.

Diskusi ini dilakukan untuk membahas gambaran rancangan kegiatan setiap penanggung jawab, apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya atau prosesnya dan apa targetan yang akan dicapai dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Ada 32 kegiatan non-penelitian yang akan dilaksanakan di tahun ini. Selain pemaparan masing-masing penanggung jawab akan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan, pelaksanaan diskusi ini juga berusaha menampung usul dan saran-saran dari seluruh pegawai untuk bisa membantu dan memudahkan proses pelaksanaan kegiatan yang ada. Tentu saja saran-saran yang baik akan diimplementasikan dalam pelaksanaan kegiatan yang ada.
DSC_0135
Banyak masukan yang diberikan oleh para pegawai yang memang sebelumnya mungkin sudah pernah melaksanakan kegiatan yang sama. Hal ini menjadi sangat penting karena bisa berbagi pengalaman, apa saja kemungkinan kendala yang akan dihadapi di lapangan dan bagaimana cara mengatasinya. Berbagai ide yang berkembang juga muncul ketika membahas kegiatan-kegiatan yang sifatnya baru pertama kali akan dilaksanakan. Masukan ini akan menjadi referensi yang sangat berguna bagi semua penanggung jawab kegiatan sehingga pelaksanaan kegiatan bisa berlangsung dengan sukses. Sukses dalam pelaksanaan, aman dari pengadministrasian dan berkualitas dalam hal out put yang diharapkan.
DSC_0133
Satu hal penting dalam perdiskusian ini adalah pertanyaan tentang apa maksud dalam pelaksanaan kegiatan, apa tujuannya dan targetannya. Ini penting mengingat bagi semua penanggung jawab kegiatan untuk lebih terarah dalam melaksanakan kegiatan dan diharapkan kegiatan tersebut mempunyai kontribusi nyata dan dirasakan oleh masyarakat kita. Sedemikian penting tujuan dan target dari pelaksanaan kegiatan sehingga masyarakat merasa bahwa Negara tidak lepas tangan atas persoalan-persoalan rakyat khususnya pada wilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang. Artinya kita harus menunjukkan bahwa Negara melalui Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang hadir dalam setiap aktivitas masyarakat. Kita jangan melaksanakan kegiatan hanya sekedar untuk mengisi formalitas dan waktu luang semata atau malah Usaha Menambah Gaji atau penghasilan, tapi hendaknya kegiatan tersebut bermanfaat bagi kemaslahatan bangsa. Ini akan berimplikasi pada terjaganya nama baik Kementerian yang membawahi kita dan kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang pada khususnya.

– Marbun –
(BPNB Padang)